Menikmati Makan Malam di Galabo Solo


Menikmati Makan Malam di Galabo Solo

GALABO, sebelah timur bundaran Gladag,
JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo.

Sabtu 26 Desember 2009, saya sekeluarga berkesempatan makan malam di Galabo Solo. Rencananya malam ini kami akan makan malam di sega liwet Wongso Lemu Keprabon, namun ternyata kami memperoleh voucher makan malam dari sepur kluthuk Jaladara. Sayang kalau voucher senilai 25 ribu per orang tidak terpakai, maka kami memutuskan untuk makan malam bersama dengan penumpang sepur kluthuk jaladara yang lain di Galabo.

Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan. Galabo diresmikan pada hari MInggu 13 April 2008, sebagai salah satu tempat wisata kuliner malam hari di kota Solo. Lokasi ini berada di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center. Pada siang hari, tempat ini merupakan jalan umum dan pada malam hari disulap menjadi tempat makan yang menjual segala macam makanan khas kota Solo.

Gerobak

Jarum jam menunjukkan jam 18.15 ketika kereta kami sampai, pas waktunya makan malam.  Ketika kami datang, disambut oleh pertunjukkan barongsai, Afa takut dengan barongsainya dan hanya bisa menikmati musik pengiringnya. Sehingga kami mengambil tempat duduk yang agak jauh dari tempat permainan barongsai.

Sate

Kami kemudian memesan makan malam masing-masing , saya memesan sate Bu Hj Bejo. Sate Kambing Bu Hj Bejo berpusat di Loji Wetan. Kemungkinan pusatnya merupakan Sate H Bejo yang beralamat di Gang Loji Wetan 208 Pasar Kliwon. Menu yang tersedian di sini yaiotu sate bakar, gule, tongseng dan nasi goreng.

Bebek Tulang Lunak

Afa memesan bebek tulang lunak di bebek Bio.  Kedai Bio berpusat di Solo Grandmall lantai 3. Kedai ini menyediakan ayam tulang lunak kremes dan bebek presto kremes sebagai menu utama. Makanan di kedai ini 100% halal.

Sega Liwet

Ibunya Afa memesan sega liwet Bu Tutik. Sega liwet merupakan salah satu makanan khas kota Solo. Menu yang tersedia di warung Bu Tutik ini adalah nasi rames, nasi liwet, nasi lemak, nasi kuning dsn nasi lemak.

Bestik Daging

Sedangkan sisa vouchernya kami pakai untuk Bestik Harjo, saya memesan bestik daging dan bestik campur. Harjo Bestik berpusat di Jl. Dr. Rajiman, Pasar Kembang. Warung ini menyediakan bermacam bestik Jawa yang mirip dengan semur encer. Menu yang terkenal di sini yaitu aneka bestik, bakmi godok/ goreng, fuyunghay, paklay dsbnya.

Setelah semua makanan kami dihidangkan kami menikmati makan malam kami masing-masing.

Menikmati

Menurut saya, sate kambing Bu Hj Bejo enak, bumbunya terasa, dagingnya empuk dan tidak bau prengus. Cocok untuk dinikmati malam hari yang  dingin karena akan hujan seperti mala mini. Sedangkan Ibunya Afa pun juga menikmati sepincuk nasi liwet yang segera tandas tak bersisa, enak menurutnya. Afa juga ikut-ikutan menikmati bebek goring tulang lunaknya. Saya sempat mencicipi bebek gorengnya, enak , empuk, dan bumbunya terasa

Menikmati Malam

Di samping sebagai tempat makan, Galabo juga cocok sebagai tempat nongkrong [seperti gambar di atas]. Suasananya nyaman dan dekat dengan pusat perbelanjaan.

Setelah selesai makan, kami kembali ke sepur kluthuk jaladara untuk kembali ke stasiun Purwosari.  Menurut saya makan malam di galabo terasa menyenangkan karena:
– dapat menikmati makanan2 yang terkenal dalam satu waktu dan tempat.
– harga makanannya murah
– pelayanannya ramah
– makanan khas dan pilihan dari kota Solo
– penjualnya mau mengembalikan uang sisa voucher [meskipun kami tolak :D]

Peta Lokasi Gladag Langen Bogan

Lokasi Galabo [Silahkan klik untuk detailnya]

Referensi Lain Mengenail Galabo:
1. Galabo: Segala Jajanan Khas Solo Ada di Sini
2. Gladag Langen Bogan (GALABO)

About these ads

12 Responses to “Menikmati Makan Malam di Galabo Solo”

  1. wijayanta Says:

    kalau main ke solo lagi, aku ajak ke sate bejo-nya yang di loji wetan tom.
    kalau aku pas di solo juga :)

  2. wiwit Says:

    pengalaman makan di galabo:
    pas lg makan tiba2 hujan deressss..terpaksa makanannya ditinggal dan lari berteduh di PGS. akhirnya krn bingung mau kemana..mau pulang msh jam stengah 8 malam..akhirnya aku dan temen2ku ke solopuccino (kata org2 ini tempat nongkrongnya anak2 muda solo, yang ternyata memang masih muda2 dr kami semua, hehehe)

    akhirnya di sana mesen minum, belanja kaos2 distro tapi khas solo, dan nunggu mobil jemputan (baca: angkot yang disewa khusus utk jemput aku dan temen2, hahahaha) :)

  3. Robby Says:

    Kedai Bio emang enak kok….empuk bebek dan ayamnya,bumbunya terasa…sambelnya juga nendang..di Galeria Mall Jogja juga ada cabangnya..layak di coba deh…

  4. AriPerwiraCom Says:

    Solo memang mantab sekarang, pertama nongkrong di Galabo serasa udah berada di eropa barat nich…. Maju terus Kuliner Galabo….

  5. indyastaric06 Says:

    saya juga sering ke Galabo kalo ke Solo..
    suasananya enak..*walaupun rame dan jadi susah cari tempat duduk*

  6. Lima Tempat Wisata Kuliner di Solo « Info Seputar Mudik Says:

    […] 3. GALABO, sebelah timur bundaran Gladag, JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan. Galabo diresmikan pada hari Minggu 13 April 2008, sebagai salah satu tempat wisata kuliner malam hari di kota Solo. Lokasi ini berada di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center. Selengkapnya silahkan baca di http://kulineronline.net/2010/01/12/menikmati-makan-malam-di-galabo-solo/ […]

  7. Lima Tempat Wisata Kuliner di Solo « Says:

    […] 3. GALABO, sebelah timur bundaran Gladag, JL. Mayor Sunaryo depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan. Galabo diresmikan pada hari Minggu 13 April 2008, sebagai salah satu tempat wisata kuliner malam hari di kota Solo. Lokasi ini berada di sebelah timur bundaran Gladag, tepatnya di jalan Mayor Sunaryo di depan Pusat Grosir Solo dan Beteng Trade Center. Selengkapnya silahkan baca di http://kulineronline.net/2010/01/12/menikmati-makan-malam-di-galabo-solo/ […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: