Sensasi Kelezatan Burung Belibis Goreng di RM Bunda


Sensasi Kelezatan Burung Belibis Goreng di RM Bunda

RM Bunda, Jln Rangau Km 13, Pematang, Mandau, Duri

Telpon 081365487650 atau 081992084523

Rabu 9 Juni 2010, saya bersama dengan tim Bekasap AMT makan siang di RM Bunda. RM Makan Bunda merupakan rumah makan langganan kami dalam merayakan saat-saat spesial, seperti perpisahan teman yang akan berangkat CDA ke Amerika, promosi kenaikan kelas atau ada yang ulang tahun bersama. Dan hari ini kami kembali makan siang di RM Bunda untuk merayakan ulang tahun Ali Masyhuri, Bambang Nursyahid, Yuniar dan Nilasari, yang kebetulan ulang tahunnya hampir bersamaan

Rumah Makan Bunda

RM Bunda terletak di Jln Rangau KM 13,Pematang Desa Petani, tidak terlalu jaih dari Gathering Station  Bekasap. Rumah makan ini dimiliki oleh Pak Guntur [Ajo Bunda] dan sudah mulai berjualan sejak tahun 1998.  Menu andalan rumah makan ini berupa asam pedas baung yang kuahnya sangat pedas. Pertama kali saya mencoba asam pedas baung di sini, saya kepedasan, namun setelah beberapa kali saya terbiasa dengan kuah asam pedasnya, malah ketagihan dan selalu memilih asam pedas baung untuk menjadi lauk makan siang. Selain asam pedas baung, rumah makan ini juga menyediakan lauk lain seperti udang galah goreng, gulai baung asap, sambal teri, burung punai goreng dan menu baru berupa burung belibis.

Kami berangkat dari kantor jam 11.45, saya numpang di mobil William bersama dengan Mas Rubi dan Carl. Perjalanan menuju RM Bunda, relatif jauh meskipun jalannya lurus-lurus saja. Dari kantor kami menuju gate 3 Sibayak dan menyusuri jalan Rangau sampai dengan GS Bekasap. Setelah melewati GS Bekasap kami mengambil jalan ke kanan yang menuju Rangau, dan sampai di RM Bunda kira-kira jam 12 siang. Ketika kami sampai, nasi beserta lauknya sudah terhidang di atas meja di saung yang terpisah dari rumah makan utama, kami biasa menggunakan saung-saung itu ketika makan ramai-ramai.

Burung Belibis Goreng

Burung belibis merupakan burung air yang  hidup di danau, rawa serta telaga. Burung ini memiliki bulu-bulu berwarna kecoklat-coklatan, dengan  leher agak panjang dan kecil. Belibis memiliki paruh dan kaki berwarna hitam, dengan selaput renang pada kaki seperti itik, yang membuat belibis ini pandai berenang. Namun disamping pandai berenang, burung ini juga bisa terbang jauh.  Daging burung ini enak seperti daging bebek sehingga membuatnya banyak diburu untuk dikonsumsi. Di RM Bunda, burung belibis goreng menjadi menu baru yang tidak setiap hari ada karena mengandalkan bahannya dari tangkapan alam. Menurut Ibu pemilik rumah makan, burung belibis ditangkap dari daerah Sontang. Kemarin dalam 2 hari, hanya berhasil menangkap 7 ekor yang digoreng.

Burung Punai Goreng

Burung punai merupakan burung kerabat merpati yang banyak hidup di alam bebas. Daging burung punai enak dan lembut, cocok dimasak dengan cara digoreng dengan menggunakan bumbu bawang putih, bawang merah, daun salam, sereh, kemiri dan garam. Rasa burung punai goreng mirip dengan burung dara goreng.

Asam Pedas Kepala Baung

Asam pedas merupakan salah satu makanan khas Riau yang banyak dijumpai di Duri, biasanya yang dimasak asam pedas adalah ikan patin atau ikan baung. Di RM Bunda ini asam pedas baung menjadi menu andalan karena kelezatannya.  Bumbu asam pedas patin mirip dengan pindang, hanya lebih kental kuahnya. Saya biasanya memilih asam pedas baung daripada asam pedas patin.

Gulai Baung Asap

Selain dimasak langsung dengan bumbu gulai atau asam pedas, ikan baung kadang dikeringkan dengan diasapi menjadi salai baung atau ikan baung asap. Salai baung ini bisa digoreng langsung atau dimasak menjadi gulai ikan baung asap. Berbeda dengan asam pedas, gulai baung asap ini tidak pedas, dan cocok bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan masakan pedas. Di RM Bunda, gulai baung asap ini menjadi salah satu menu favorit, bahkan kadang-kadang ada pegawai Chevron yang memesan untuk dijadikan oleh-oleh pulang kampung ke Jawa atau untuk anak-anaknya yang kuliah di Jawa.

Bada Petai

Bada petai adalah salah satu sambal khas Minang, sambal ini menggunakan bada atau ikan teri besar dan petai untuk dibuat sambal dengan cabai merah. Rasanya sangat enak, cocok sebagai lauk.

Sayur Pucuk Ubi

Sayur pucuk ubi merupakan menu wajib yang harus tersedia di rumah makan Padang, seperti juga di RM Bunda ini. Sayur ini, meskipun dimasak secara sederhana, pucuk ubi muda yang direbus sampai masak namun citarasanya lezat apalagi kalau dimakan dengan sambal cabai hijau.

Setelah teman-teman datang semua, kami mulai makan bersama. Saya memilih makan siang dengan lauk burung punai goreng dan melewatkan menu andalan asam pedas baung. Sementara teman-teman yang lain menikmati makan siang dengan lauk kesukaan masing-masing, ada yang suka rendang, asam pedas baung, gulai baung asap atau burung punai goreng.

Menikmati

Menikmati

Namun ketika saya sedang mengambil foto teman-temanyang sedang makan saya menemukan burung belibis goreng yang tidak dimakan oleh teman-teman. Saya kemudian menggunakan burung belibis goreng ini sebagai lauk makan siang setelah saya ambil fotonya. Saya merasa beruntung bisa menikmati burung belibis goreng, karena kelezatan rasanya yang gurih meskipun sedikit  agak keras dagingnya mirip bebek goreng dan digoreng dengan bumbu yang terasa pas di lidah saya. Dan tentu saja karena menu ini jarang-jarang tersedia di rumah makan ini ataupun rumah makan yang lain.

Foto Bersama

Setelah selesai makan siang dan sepatah dua patah kata dari perwakilan teman yang berulangtahun, kami menyempatkan diri untuk berfoto bersama di depan saung yang kami gunakan untuk tempat makan. Kemudian kami pulang kembali ke kantor untuk melanjutkan pekerjaan hari ini. Saya pun kembali ke kantor dengan membawa pulang pengalaman sensasional menikmati burung belibis goreng, yang entah kapan lagi bisa saya nikmati kembali. [kom10]

Daftar Harga:
1. Asam Pedas Baung: Rp. 25.000,00
2. Gulai Salai Baung: Rp. 25.000,00
3. Burung Belibis Goreng: Rp. 20.000,00
4. Burung Punai Goreng: Rp. 15.000,00
5. Sambal Teri/ [Bada Petai]: Rp. 10.000,00

Referensi Lain tentang Burung Belibis Goreng:
1. Perburuan Burung Belibis Ancam Ekosistem Mahakam
2. Monitoring Perburuan dan Perdagangan Burung Belibis Kembang   (Dendrocygna arcuata) di Danau Mahakam
3. Dendrocygna arcuata

About these ads

22 Responses to “Sensasi Kelezatan Burung Belibis Goreng di RM Bunda”

  1. eko magelang Says:

    wah bang mantap sajian tulisan dan fotonya. hidup masakan Indonesia…

  2. indyastaric06 Says:

    wah.. infonya sangat lengkap,,
    mulai dari foto, nama sampai dengan harga..

  3. Jimmy Says:

    wah mantaps mas..
    jd ke pengen nyobain.. XD

  4. Komaruddin Edi Purwanto Says:

    menu baru belibis…., entar mo’ beli apa lagi? apa burung roak2 udah pada mo’ punah?

  5. Ali Masyhuri Says:

    muangtaps……
    perlu undang bondan prakoso nih…. (eh winarno)

  6. Zai Regar Says:

    Ada menu arsik ikan mas wak ?

  7. Zai Regar Says:

    arsik – gulai ikan mas dgn bumbu khas batak yang ga biasa dipakai di daerah lain, antara lain : bawang batak (halus2), andaliman, asam siala sampagul (buah kincung), kincung, asam kandis, kunyit, batang sereh + garam. Dimodifikasi orang rumah dn tambahan jahe dan cabe (aslinya ga pakai). Rasa peas (pedar) datang dari andaliman

  8. Zai Regar Says:

    Kalo dimedan mah.. ga perlu dicari wak.. ke rumah aja.. hehehe.

    Tapi ada rumah makan khas padangsidimpuan (di jln sm raja & dan jalan Juanda dan jl letda sujono dan Jl Sei Belutu) mantap wak.. disitu lengkap masakan tapsel.. cuma makanan batak ni kurang hiasan wak.. tampilan kurang meyakinkan.. tapi aduhai lomak nya.. ada daun ubi tumbuk, limbat sale, gulai jurung, dan tentu yg tadi arsik :)

    Masakan khas kampung yg jauh dari menarik (tampilannya) sederhana bumbunya tapi aduhai rasanya adalah Ikan Holat.
    Ikan mas yg dipelihara khusus (biar ga bau lumpur) dimasak (bakar) dengan bumbu kulit balakka dan bawang merah plus garam. Dimakan bersama pucuk rotan yang dipanggang.. pait pait alamak sedapnya.. bumbu kuah bening saja.. pertama aku makan sepele.. wah rupanya RUAAARRR BIASAA ! :)

    Pernah tamu dari Auditor dari jakarta (sundanese) diajak makan holat di tapsel wak.. setahun kemudian pas dia audit di medan.. dia rela jalan 10 jam ke sibuhuan untuk kembali makan Holat.. katanya rindu masakan aneh tapi sedap itu :D

    Kalau mau holat : ada rumah makan Holat di Batu Nadua (2 km utara padangsidimpuan) – makan di sini harus sabar nunggu sebab holat harus ikan segar baru ditangkap dari kolam dan dimasak sesuai pesanan.

    • sulastama Says:

      Makasih infonya Wak.. kayake kapan2 mesti ke medan nyobain arsik dan holat ini. Kayaknya holat ini makanan untuk raja2 Tapanuli selatan ya Wak?

  9. Zai Regar Says:

    Kayaknya bukan makanan raja2 wak… holat dulu sejarahnya adalah masakan darurat.. waktu petani yg jauh rumahnya dari kampung kemalaman di dangau.. persediaan bumbu habis.. cuma ada bawang dan garam dan tentu ikan di kolam.. petani bakar ikan.. dia iris kulit balakka dan irisan bawang dan garam untuk membuat kaldu ditambah pucuk rotan di sekitar … See Moredangau.. ternyata enak.. kemudian jadi populer masakan Holat :) gitu kata orang2 tua .. tapi betul juga makanan raja-raja wak… semua orang batak kan RAJA hehe

  10. wiwit Says:

    astaga mas. kok aku warga duri br tau ya ada makanan itu?
    kayanya memang tambah banyak nih list tempat makan yg mesti dicoba kalo pulang kampuang. hehehehe…

    thx mas tomo..saya tunggu traktirannya! :)

    • sulastama Says:

      Lah jangan-jangan kalau di Duri mainmu cuman di dalam camp saja Wid? Wong aku yang baru 2 tahun dah tahu tempat makan yang enak-enak di Duri lhoh..
      Jadi kapan pulang ke Duri? aku belum nulis Piaman laweh lhoh..

  11. Eka Says:

    mas tomo, waktu makan di rumahku kan menunya ikan arsik…
    perlu lagi apa? hehehe
    mantap mas…pokok’e kalo makan di sekitaran riau, jgn lupa tulis regone..
    ini sing marai gigrik soale :D

  12. dedy oktavianus pardede Says:

    aq cm ksi saran, klo mnurutku sbaiknya jangan lagi mengkonsumsi burung yang diburu atau ditangkap dr alam liar, soalnya bs mrusak ekosistem…
    Krn hukumny slagi ada permintaan onsumen, mk perburuan pasti msh ttp dilakukan….

  13. Nugraha Siwi Says:

    saya mau tanya, bisa pesan belibis kembang yang hidup ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: