Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan


Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan

RM Makan Purnama –  Dusun Tangkilan, Pabelan, Muntilan

RM Makan Purnama terletak di Dusun Tangkilan, Pabelan, Muntilan, merupakan rumah makan spesialis mangut lele dan ikan air tawar. Kalau dari arah Yogya ke Magelang, setelah Muntilan dan ketemu tikungan di sungai Pabelan langsung belok kekanan kira2 25 meter, ada warung makan “PURNAMA” Rumah makan ini merupakan langganan Pak Dhe saya sejak masih muda [usia Pak Dhe sekarang 70-an].

Kami sekeluarga beruntung menikmati makan siang di RM Purnama ini tahun baru kemarin. Waktu itu kami dalam perjalanan pulang dari Tambi-Wonosobo menuju rumah Turi-Jogja. Kami sampai di RM makan ini sekitar jam setengah 3 , pengunjung masih banyak, rumah makan penuh dan antri pesan makanan, meskipun waktu makan siang sudah lewat.

ngantriNgantri

Kami pun segerea bergabung dengan calon pembeli lain ikut dalam antrian. Sambil antri, saya memperhatikan menu makanan yang ada di sini, beberapa yang sempat saya ambil gambarnya antara lain wader goreng, ikan tombro goreng, mangut ikan, sambel goreng telur dan lele goreng. Saya tidak sempat memfoto mangut lele di panci, karena ternyata beberapa porsi terakhir adalah porsi yang disajikan untuk saya dan Ibunya Afa.

waderWader Goreng

tombro-gorengTombro Goreng

mangut-ikanMangut Ikan

telorSambal Goreng Telur

lele-gorengLele Goreng

Setelah cukup lama mengantri, saya akhirnya dilayani juga. Seporsi makan siang saya kali ini terdiri dari sepiring nasi, sayur dengan lauk mangut lele dan wader goreng.

mangutSeporsi Makan Siangku

menikmati-makananMenikmati Makanan

Saya pun segera menikmati makan siang ini, bersama dengan Afa dan Ibunya. Ibunya Afa juga makan dengan lauk mangut lele. Kenyamlengan mangut lele yang memang sudah terkenal segera kami rasakan sendiri. Tidak rugi kami ikut  mengantri, karena kenyamlengan menu makan siang kami kali ini sepadan dengan effort yang sudah kami keluarkan. Rasa lapar yang berpadu dengan citarasa mengut lele yang nyamleng tenan, membuat makan siang kami terasa nikmat dan seporsi mangut lele pun segera habis tak bersisa di piring kami.

usai-makanDi Depan Rumah Makan

Selesai makan, kami membayar dan melanjutkan perjalanan pulang ke Jogja. Kami sempat berfoto sebentar di depan rumah makannya. Pengalaman makan siang di RM Purnama kali ini cukup berkesan, dan saya sendiri pun terpesona oleh kenyamlengan wader goreng dan mangut lelenya. Ditunjang oleh harga yang reasonable, pengalaman yang panjang dalam menyajikan menu ikan air tawar  dan mangut lele, dan letaknya yang tidak jauh dari jalan Jogja-Magelang, membuat RM Purnama ini menjadi salah satu tempat makan yang reccomended untuk pecinta mangut lele dan ikan air tawar. [by kom]

Referensi Lain RM Purnama:
1. Sensasi Mangut Magelang

 

Advertisements

20 Responses to “Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan”

  1. purnomo Says:

    kalau tidak salah warung ini terletak di jalan menuju ke desa Blangkunan sebelum melewati rel KA. Saya pernah dulu mampir ke warung ketika itu saya dan rombongan sepakbola dari ds Tegalslerem Muntilan bertandang keluar kota (ke Barat).

  2. Tour de Tambi di Tahun Baru « Says:

    […] sholat dhuhur di Temanggung dan makan siang di RM Purnama Muntilan, dan tiba dengan selamat di rumah sekitar jam setengah 4. Sebuah perjalanan yang mengesankan, […]

  3. Wader Goreng « NyamLeng Says:

    […] Kuliner terkait dengan Wader Goreng 1.Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan 2. Waroeng Spesial Sambal – […]

  4. Mangut Lele « NyamLeng Says:

    […] Artikel Kuliner terkait dengan Mangut Lele: 1. Menikmati nYamlengnya Mangut Lele dan Wader Goreng Muntilan […]

  5. diana hidayati Says:

    untuk masakan mangutnya apakah dicampur dengan bahan sayur lain Solanum melongena misalnya atau cucumis sativus . dan apa yang membedakan mangut di RM Purnomo dengan Rumah makan lainnya, sruupf….jadi ingin mencicipi Tq

  6. j. Says:

    liat wader jadi lapeer………

  7. Yumyum Says:

    Aku punya simbah di rumahnya dibelakang pondok pesantren Pabelan. Jadi pengin iwak banyu nih, kapan2 kalo kesana tak cicipi ikan airnya.. eh.. waktu bukanya tiap hari? jamberapa-jamberapa? matur nuwun.

    • sulastama Says:

      Betul, warung ini buka setiap hari,
      sebaiknya datang sebelum makan siang, soalnya kalau habis makan siang takut kehabisan mangut lele-nya.
      Ndak rugi kok makan siang di sini, rasanya lezat harganya terjangkau

  8. yatno brintik Says:

    wah katanya tempat itu langganan gusDur,kalau dari cirebon susah ndak, untuk ke tempat mangut lele tersebut.

    • sulastama Says:

      Kalau dari Cirebon tidak susah untuk mencarinya. Setelah sampai Magelang ke arah Jogja, sebelum masuk Muntilan dan ketemu tikungan di sungai Pabelan langsung belok ke kiri kira2 25 meter, ada warung makan “PURNAMA”. Atau tanya kalau dah sampai Muntilan tanya lokasi Tangkilan, Pabelan.

  9. esi Says:

    ada no terlpnya ngak mbak…..kebetulan aku dari malang mau kesana pesan dulu maksudnya..khan bawa rombongan banyak….

    • sulastama Says:

      waduh maaf saya tidak memiliki nomer telponnya. Kalau datang lebih awal kayaknya banyak stok makanannya kok. Dulu saya datang jam setengah 3 masih dapat mangut lele dan wader goreng. MUngkin kalau jam 12-an masih banyak mangutnya.

  10. aji Says:

    mas sulastama, njenengan turi pundi to? kulo wong mbangarum

  11. Heri Suwanto Says:

    kapan iso mulih yo,kangen karo panganan ing njowo…

  12. eko magelang Says:

    mas…maaf, aku share ya…makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: