RM Muara Kapuas : Ketika Sungai dan Laut Bertemu


RM Muara Kapuas : Ketika Sungai dan Laut Bertemu

RM Muara Kapuas, jl.Kapten Haryadi , Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman,
telp 0274 7894622 / 0816 4228 689

Sabtu 3 Januari 2009, saya berkesempatan makan siang di RM Kapuas, sekaligus silaturahmi informal dengan penerima beasiswa KaGeoGama CPI dan dosen TGL UGM. Silaturahmi ini dihadiri oleh 8 orang mahasiswa/ i penerima beasiswa, 3 orang dosen + keluarga dan 2 orang alumni + keluarga, saya salah satu yang mewakili alumni KaGeoGama CPI.

Acara di mulai pukul setengah 12, mundur setengah jam jadual karena tempat yang dibooking masih dipakai orang lain. Mas Udin membuka acara sekaligus jadi moderator. Pada saat membuka, beliau berkata, acara ini sebagai ungkapan syukur dari Kakak-kakak alumni yang sudah berhasil menyelengarakan program beasiswa buat adik-adik yang masih kuliah dan sekaligus bersilaturahmi secara langsung.

Mas Gus Hend, kemudian dipersilahkan untuk memberikan sambutan dan wejangan kepada adik-adik penerima beasiswa. Mas Gus Hend memberitahu kepada adik-adik mahasiswa, kalau program beasiswa KaGeoGama CPI sudah lama direncanakan, dan baru terlaksana setelah satu tahun kemudian.

Acara kemudian dilanjutkan dengan makan siang, salah satu menu makan siangnya ingkung [ingkung kok ayam sayur :D. Menu lainnya nila goreng, gurame bakar asam manis, wader goreng, sambel2, cha kangkung dsb … pokoknya glek-glek nyaem2.

Nila GorengNila Goreng

Ingkung AyamIngkung Ayam

100_2251-medium1Gurami Bakar

Wader GorengWader Goreng

Tahu GorengTahu Goreng

Cha KangkungCha Kangkung

Sebelum acara makan dimulai, Mas Agus Susi datang bersamaan dengan Mas Hendra Amijaya. Mas Agus Susi datang terlambat karena memeriksakan istrinya ke RS Bethesda. Acara makan2nya ya seperti biasa…. Anteng.

Menikmati MakanMenikmati Makan

MenikmatiMenikmati Makan

MenikmatiMenikmati Makan

Selesai makan, dialnjutkan dengan ular-ular lagi, masih dipandu oleh Mas Udin. Pencerita pertama, Mas Agus Susi yang bercerita mengenai latar belakang dari program beasiswa KaGeoGama ini, dan perkembangan di dunia kerja. Adik-adik mahasiswa nampak serius mendengarkan cerita dari Mas Agus Susi dan kemudian secara antusias berdiskusi dengan Mas Agus Susi.

Ular-ular selanjutnya, di sampaikan oleh Mas Hendra Amijaya beliau merasa “risih” melihat IP mahasiswa yang kurang bagus, karena saat ini kompetisi untuk memperoleh pekerjaan setelah lulus sangat ketat dan mensyaratkan IP yang bagus. Menurut beliau, adik-adik mahasiswa harus bersemangat untuk meningkatkan prestasinya, karena perusahaan2 batubara yang baru saja mensyaratkan IP di atas 3. Sebelum ditutup oleh Mas Udin, saya menyampaikan sepatah kata agar adik-adik lebih fight dalam belajar, karena masa saya dan adik-adik mahasiswa sekarang sudah berbeda. Mas Udin kemudian menutup acara [Mudah-mudahan acara seperti ini bisa berlangsung rutin]. Dan dilanjutkan dengan foto bersama

BersamaFoto Bersama

Sampai jumpa dalam silaturahmi penerima beasiswa berikutnya,
Terima kasih kepada Bapak-Bapak dosen berserta keluarga yang sudah berkenan meluangkan waktunya
Terima kasih kepada rekans alumni di CPI yang sudah berkenan di potong gajinya
Terima kasih kepada Cak Min yang turut berpartisipasi dari Madrid Terimakasih kepada seluruh alumni atas supportnya .. [kom]

Advertisements

13 Responses to “RM Muara Kapuas : Ketika Sungai dan Laut Bertemu”

  1. Rovicky Dwi Putrohari Says:

    Salute …. salute !!
    Plok plok plok !
    Buat poro alumni geo yang berhasil memberikan beasiswa KaGeoGama CPI
    ke adik-adik mhs di Geologi UGM.
    wiiis jian nek iki koyok main catur … raokeh diksusi langsung
    nglakokke bidak-bidak … SKAK !
    Ms Komo, hebat tenan kok njenengan niku.

    RDP

  2. Abdullatif Setyadi Says:

    Semoga menjadi jariyah..

    Wass
    ALS

  3. Sudibyo HT Says:

    acara yang ruar biasa…!! semoga bisa diikuti dengan prestasi penerima beasiswa yang lebih baik..
    RM.Kapuas kuwi sebelah barat-nya Merapi View ya?!
    Salam (hts)

  4. Slamet Arifin Says:

    Semoga beasiswanya barokah ya mas…
    Salut dan terima kasih buat mas Tomo yg sudah mengkoordinir dan Team-nya
    mas Tomo yang sudah mengamalkan harta, waktu dan tenaga untuk penyaluran
    beasiswa ini

  5. Sulastama Raharja Says:

    Terima kasih Mas Vick, Mas ALS, Mas Budi Satrio dan Pak Dhe HT Sudibyo,
    mudah-mudahan program ini bisa berlangsung secara kontinyu dan bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa

    Pak Dhe HTS,
    Betul RM Kapuas itu yang terletak di sebelah barat Merapi View, suasananya enak dan tidak terlalu jauh dari Jogja [dibanding Morolejar atau Boyong Kalegan].
    Makanannya sangat enak dan bervariasi, dengan harga relatif terjangkau, sekitar 25K/ orang. Hanya perlu reserve dulu kalau untuk banyak orang.

    salam,
    tomo

  6. Widodo Nugroho Says:

    Jangan sampe kesasar ke jimbaran, ta kirain murah ternyata larang hehe…
    di sekitar merapi view banyak rumah makan enak, baek rasa maupun suasananya..RM pari juga enak..sandinge pari itu apa lupa aku namanya..itu juga enak, harnganya juga terjangkau.

  7. MINARWAN Says:

    Selamat yah Mas Sulastomo,
    Semoga bisa terus terlaksana dan bermanfaat untuk adik-adik mahasiswa.
    Waktu satu tahun untuk menyiapkan semua program ini bukan waktu yang
    sedikit lho.

    Oh aku jadi ingat, udah lama enggak kirim iuran.
    Jadi hitungannya sejak kapan yah? Nanti aku email Mbak Ira deh.

    Semoga nanti partisipannya makin banyak dan jumlah yang diberikan bisa
    bertambah, sesuai dengan pertambahan inflasi gitu lho hehehe…

    mnw93

  8. Hendratno Agus Says:

    Welaahh…, foto-fotonya akhirnya kepasang juga di milist ini? koq gak dipasang di blog-nya kumpul geologi wae? Tapi yaa..sudah, artinya “reuni kecil” kawan-kawan CPI kemarin jadi nyoto. Bagi-bagi infaq kawan-kawan untuk beasiswa mhs.
    Ide ini sebetulnya sudah lama. Sekumpulan alumni di CPI sering rasan-rasan kalau pas saya ke PKU. Saya sendiri tiap tahun selalu ada liburan ke Pku dan saya berusaha untuk mampir ke Rumbai (njujuk ke rumahnya Agus Susianto), cuman nop.08 kemarin gak bisa mampir, karena begitu mendarat di bandara Pku langsung diculik ke Pangkalan Kerinci dan dibawa ke tepian muara menuju selat Malaka (praon) dari Muara Kampar (Pelalawan). Mohon maaf lho Sus…, akhirnya malah ketemu di Muara Kapuas (Sleman).
    Akhirnya saat PIT-IAGI 2006 di Pku, kebetulan kawan-kawan staf dosen banyak yang hadir, juga alumni dari Jkt, KL, dll, kemudian tiba-tiba ada acara Reuni Alumni Geologi UGM di Rumbai dengan fasilitas lengkap dari kawan-kawan CPI di Rumahnya Mas Pujiarko. “Mas Susianto, kalau bisa foto-foto kumpulan geologi ugm di Rumbai tahun 2006 di-ekspose di blog-nya kumpulgeologi atau milist, gimana ?” Pasca “Rumbai Meeting” itu, mas Komo ini aktif sekali berkomunikasi dengan saya dan akhirnya sampai deal itu terjadi, dan proses administrasi melalui skema pembiayaan kuliah sampai tugas akhir pada mhs “pilihan” yang akademiknya OK, tapi kurang dukungan finansialnya. Kemudian secara institusi kami sangat menyetujui dan dukungan alumni di CPI juga sangat kompak, maka terjadilah “beasiswa kageogama CPI” itu. Semoga itu membawa hikmah bagi yang memberi dan barokah bagi mhs yang menerimanya dan berkelanjutan. Dua kawan itu (Agus Susianto dan Komo) ini, termasuk senior geologist pilihan di CPI saat ini. Sejak mhs sampai tugas akhirnya, saya bergaul dekat dengan mereka dan juga kawan-kawan 93 lainnya, karena dulu saya mondok satu pondokan dengan gang 93 itu. Suatu ketika, Mas Pujiarko.84 (seniornya Susi dan Komo di CPI) kontak saya mau ke jogja dan sekaligus mau ke kampus, maka bocor juga “siapa sesungguhnya Susianto dan Komo selama di CPI” dari cerita Mas Pujiarko itu. Bocoran info karir yang bagus dan positip itulah (termasuk prediksi pindah/ tidaknya dari terminal CPI itu??), kami yakin ketika 2 kawan itu meng-inisiasi beasiswa mhs kami. Bahwa beasiswa tersebut, akan bersifat BERKELANJUTAN dan menolong mereka /mhs yang pintar tapi dukungan finansial lemah, dan sampai lulus, serta tidak mengikat mhs setelah lulus nanti. Aminnnn.

    Kembali ke Muara Kapuas. Yaa..fotoku yang sedang “kayak menghitung” itu rupanya diambil Komo saat diskusi dengan Udin, Komo, dan Gus Susi mengenai fasies-fasies yang ada di meja makan itu. Mulai dari fasies volkanik distal, fasies fluviatil, sampai fasies rawa, ada semua. Cuman hubungan antar-fasies tersebut rupanya dibatasi flooding semua, jadi tidak ada yang menerus. Lalu kenapa “Muara Kapuas” ada di Sleman? Apakah menu ikan yang ada di Resto Muara Kapuas mencerminkan “analog” ikan-ikan yang hidup pada ekosistemnya muara Kapuas di Kalimantan sana? Ternyata tidak semua!!!!! Yaa…sama saja dengan restoran di Yogya umumnya. Jadi nama ini, disini sebagai branding untuk marketingnya. Inilah sisi Market Vision dari pengusaha resto-nya.
    Demikian tambahan dongengnya..Matur nuwun semuanya dan mohon maaf semuanya. Juga many-many tx buat kawan-kawan di CPI (Mas Yoko, Komo, Susi, Fifin, Rini, Irdas, Slamet, Zie, Hesti, dll). Karena ada yang mau “menthes” lagi dari Chevron tapi lewat kawan-kawan Chevron yang di Jkt, semoga objective-nya gak mleset inisiasi Chevron ke jurusan ini. Doakan…

    Hal yang paling menyenangkan / membanggakan saat ini,…bahwa hampir tiap hari selalu ada info dari alumni (via telpon….), termasuk di hari libur / hari minggu. Apa pun bentuk informasinya? Sungguh hal seperti ini tidak pernah saya /kami bayangkan, apalagi pada periode tahun 1998 – 2004. Saya pikir ini bagian dari upaya mendayagunakan : jaringan alumni untuk pengembangan jurusan ke depan dalam arti yang sangat luas……
    Mas Agus Dwi Kuncoro (93)/ Kuncung yang di Dept.PU mau ke kampus…
    Pak Darmono.74 mau ke kampus…(nanti dulu pak, saya juga mau ke Jkt…)
    Mas Syafri Safar (dari Singapura) mau ngasih dollars ke kampus..dan ngajak makan siang di Jkt (nek ketemu…)
    Pak Marhadi (Chevron) ……….ndongeng saja…

    matur nuwun,
    Gus Hend

  9. irma BonekahortadanPoti Says:

    nice post.good blog..:)
    met kenal..ttp berkarya…
    ditunggu kunjungan baliknya..

  10. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] FOOD: 1. RM Muara Kapuas : Ketika Sungai dan Laut Bertemu, RM Muara Kapuas, jl.Kapten Haryadi , Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman,telp 0274 7894622 / 0816 […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: