Sate Kambing Pak Karto Pasar Tempel, Sleman


Sate Kambing Pak Karto, Pasar Tempel – Sleman

Sate Kambing Pak Karto Jl. Magelang Lumbungharjo Tempel 081328133606
dan Pasar Tempel Sleman

Minggu 4 Januari 2009, saya mengajak anak dan istri saya ke pasar Tempel Sleman. Rencananya saya mengajak Afa – anak saya naik andong dari pasar Tempel ke rumah Turi, sekalian makan siang di sekitar pasar Tempel.

Kami berangkat dari rumah jam setengah 12, dan sampai ke pasar tempel tidak lama sesudahnya, langsung mencari tukang andong yang mangkal di pasar Tempel, kami pesan dia untuk mengantar pulang ke rumah.

Kami kemudian mencari makan siang, ada dua alternatif, makan dengan nasi brongkos warung ijo di bawah jembatan Krasak atau makan sate Pak Karto. Akhirnya kami memutuskan makan sate Pak Karto di dalam pasar Tempel.

Kami segera menuju warung Pak Karto. Warung sate Pak Karto ada dua tempat, satu di pasar tempel, satu lagi di tepi jalan Jogja Magelang km 18. Sesampai di warung, saya memesan tongseng, dan Afa memesan sate. Citarasa tongseng Pak Karto cukup terkenal di seputaran Turi – Tempel, dan merupakan salah satu menu favoritku kalau mudik ke Jogja.

ngipasi-satenGipasi Sate

Sambil menunggu pesanan siap, saya menyempatkan diri untuk mengambil beberapa foto. Foto penjual yang sedang mengipasi sate di atas anglo seperti gambar di atas, dan foto penjual sate yang sedang memasak tongseng seperti gambar di bawah.

masak-tongseng1Masak Tongseng

sate-terhidang1Seporsi Sate

Tidak berapa lama kemudian, pesanan kami sudah siap. Seporsi sate yang dihidangkan di atas piring seperti gambar di atas pesanan Afa dan seporsi tongseng seperti gambar di bawah pesanan saya. Dari tampilan dan aromanya, sudah terbayang kelesatanyya… ehmm.. bikin air liur menetes.

tongseng1Seporsi Tongseng

Kami pun segera menikmati sate dan tongseng yang sudah tersaji. Afa hanya makan sedikit dan dilanjutkan oleh Ibunya, sementara saya menyantap sampai tandas tongseng bagian saya. Dan seperti yang sebelumnya, rasa tongseng Pak Karto memang mantaps dengan cita rasanya yang khas. Bahkan sepupu saya, menganggap rasa tongseng Pak Karto paling enak untuk se Jogja, kalau sate tetap sate Samirono.

menikmati-sateMenikmati Sate Kambing

sate-pak-karto-mak-nyuuss2Sate Kambing Pak Karto memang MANTAPS

Selesai makan, kami pulang ke rumah. Tidak lupa kami pesan 2 tongseng untuk dibungkus, dibawa pulang ke rumah untuk oleh-oleh Eyangnya Afa. Afa dan Ibunya pulang naik andong, sementara saya naik motor mengiringi dari belakang.

Advertisements

30 Responses to “Sate Kambing Pak Karto Pasar Tempel, Sleman”

  1. Benny Alizar Amin Says:

    Assalamualaikum wr wb

    Wah…sudah lama tak berkabar dan bertemu mas….si kecil pun sudah besar yah…. : ) Alhamdulillah. apa kabarnya nih mas Komo?

    Kayaknya sekeluarga pada Doyan makan segala neh….

    Benny Amin
    Jungle geologist

  2. Benny Alizar Amin Says:

    Hehehehe….

  3. eko sutrisno Says:

    Aku juga pernah makan disana
    ini liputannya
    http://eshape.wordpress.com/2008/11/04/sate-samirono-vs-sate-moroseneng/

    cocok nggak pak Dhe?

    salam

    eshape

  4. Sulastama Raharja Says:

    Lebih enak yang di pasar tempelnya.. bukan yang dipinggir jalan magelang…
    aslinya dulu di pasar tempel, terus bikin lagi yang dipinggir jalan magelang itu….

    kok kesimpulan Om Eshape sama dengan sepupuku? kalau sate pilihannya samirono.. kalau tongseng pak karto 😀

  5. eko sutrisno Says:

    berarti kita punya telepati pak
    he..he..he.. aku follow blog sampeyan yo pak Dhe

    salam

    eshape

  6. Tri harso Says:

    ngomong2 soal sate,,ada sate kambing n ayam yg uuuueeenak tenin Pak Dhe..
    tempatnya di kota Temanggung, kalo dolan sana mampir aja ke “nyah munyuk”..namane aja sek sangar ;p
    sekali nyoba langsung ketagihan,,hehehe
    boleh dicoba sebagai refferensi…

    salam

    trie

  7. kang_hasan Says:

    bagi saya ini tempat jajan yg statusnya not recommended. alasannya:
    jauh.

  8. eko sutrisno Says:

    bagi say aini tempat yang sangat recomended,
    soalnya dekat dengan proyek Waskita
    [jadi waktu istirahat tidak banyak terbuang untuk cari warung yang enak]

    he…he..he…
    gitu ya Kang Hasan….
    salam

    eshape

  9. kang_hasan Says:

    aku baru tahu kalau sampeyan itu ternyata doyan mangan warung.
    tinimbang warung mungkin isih mending mangan sing dodolan hahaha.

  10. Albert Pratama Says:

    Sudah ada yang nyoba Sate Kambing Bejo di Solo?
    Kalo buat saya, itu sate kambing yang paling enak.

    Regards,
    Albert

  11. eko sutrisno Says:

    pancen kang hasan iki paling pinter ngeles
    he..he..he.. warung kok enak
    sing enak yo mbakayune sing jogo warung yo…

  12. eko sutrisno Says:

    lha ancer2e ngendi mas Albert?

  13. Albert Pratama Says:

    Itu di daerah Lojiwetan.
    Kalo dari arah Yogya, masuk kota Solo lurus terus sampe Gladak, belok
    kiri, bangjo belok kanan.
    Abis itu bisa tanya orang2 di daerah situ, pasti dikasih tau. Soalnya
    masuk jalan kecil, ancernya2 susah.

  14. Sulastama Raharja Says:

    weh nek gitu sekalia dari nyoba yang warung ijo bawah jembatan krasak itu Pak Dhe….
    atau ke mangut muntilan itu.. cuman 10 menit dari tempel..
    kalau ke rumah eyange Afa cuman 5 menit tempel..

  15. Andriati Setyaningrum Says:

    jadi kepingin pulang kampung kalo bicara soal makanan, wah jogja solo dan sekitarnya…..
    serba murah tur enak, gak bikin kantong kering!

  16. Alfred Alinazar Says:

    Emang sekarang lagi di mana Mbak Arum?
    Ah, jadi kangen gudeg nih.
    Beberapa minggu ini ada kesempatan makan gudeg.
    Tapi rasanya jauuuuuuuuh banget dari gudeg tugu euih.

    salam,

    -bank al-

  17. Andriati Setyaningrum Says:

    mengadu nasib di ibukota critanya bang Al, gak nyangka ja aku bakalan hidup di jkt.
    kalo boleh milih ya enakan di jogja to (sekarang baru bisa berkomentar dan mebandingkan karena sdh ngrasain hahaha….).
    lha tapi kenapa juga ya saya kok kepingin ke jakarta (…aneh???)
    sebagai wong cilik ketoke kerja di jakarta itu keren, itu menurut pendapat (pikiran cethek) saya 😛
    bang Al memang sedang dimana? lha kok kangen gudeg juga
    (di kantin kantor saya da gudeg untungnya, tapi malah jarang makan gudeg!, tapi tetep maknyusss di tempat asalnya….dari pada ngiler….)
    network enggineer ya bang, wah kebetulan bisa bagi2 ilmunya nih! (=asiiiiikkkkkkkkk!!!!!!!)

  18. M. Andri Setiawan Says:

    bank, sekarang orang padang doyan gudeg juga ya?
    perasaan dulu punya temen orang padang, begitu gudegnya kemakan,
    langsung muntah :))

    apa darah padangnya mulai luntur 😛
    gimana, dah jadi bisa bikin tempe lum?

    aku juga sedang nyoba nyari, dimana disini yang ada jualan ragi tempe,
    soalnya tempe per buah , ukuran 15×15 4 dolar :((

    – Andri –

  19. Alfred Alinazar Says:

    Ndri, orang padang yg belum sejak kecil besar di padang kebanyakan memang begitu.
    Mereka tidak pernah makan makanan berat yg dikasih gula.
    Jadi sangat masuk akal jika makan gudeg bakalan mual atau muntah.
    Salah seorang familiku datang dari Padang dan tinggal di Jogja kehilangan berat puluhan kilo karena nggak bisa makan semua makanan yg ada di warung. Bahkan warung Padang di Jogja aja rasanya kurang masuk, nggak seenak masakan Padang di Jakarta, apalagi masakan Padang di Sumbar.

    Kebaliknyannya adalah orang Jogja yg nggak suka pedes.
    Temenku ada yg baksonya kena sendok bekas sambel aja langsung nggak mau makan bakso-nya.
    Padahal buat orang2 lain sambelnya nggak terasa sama sekali.

    Kalau aku sih lahir dan besar di Jakarta. Di jakarta semua makanan ada, jadi lidah anak Jakarta lebih adapatif, doyan makanan manis, pedes dan berbagai makanan lainnya. Jadi nggak perlu heran kalau aku suka gudeg. Jangankan Gudeg, masakan Arab aja aku doyan kok (padahal beberapa teman di sini nggak doyan masakan Arab).

    salam,

    -bank al-

  20. supriyatno Says:

    wadoh satenya sekarang terkenal di mana2 .klo aku ketempel mau beli ada bonuskan ,habis lebaran aku ketempat bu pur yang dulu dagang sop seger munyer-munyer.SUKSES BUAT SATE PAK KARTO

  21. supri Says:

    Nderek Langkung kulo titip salam untuk keluarga Kromodangsan .(Ini dari Lampung)

  22. Tongseng Kambing « NyamLeng Says:

    […] Kuliner Terkait Mengenai Tongseng Kambing: 1.  Menikmati Sate Kambing Pak Karto, Pasar Tempel – Sleman [Tongseng kambing Pak Karto merupakan tongseng kambing terenak di Jogja […]

  23. Sate Kambing « NyamLeng Says:

    […] Artikel Kuliner Terkait dengan Sate Kambing: 1. Munas Kampung-UGM di Sate Samirono 2. Menikmati Sate Moro Seneng Jln Kartini Pekanbaru 3. Menikmati Sate Kambing di Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan 4. Menikmati Sate Kambing Pak Karto, Pasar Tempel – Sleman […]

  24. Gulai Kambing « NyamLeng Says:

    […] Artikel Kuliner Terkait tentang Gulai Kambing: 1. Munas Kampung-UGM di Sate Samirono 2. Menikmati Sate Moro Seneng Jln Kartini Pekanbaru 3. Menikmati Sate Kambing Pak Karto, Pasar Tempel – Sleman […]

  25. KIJOKO Says:

    kapan ya da tongseng di riau buka cabang dong di riau pakan baru trim kash

  26. Arief Bagong Tempel Says:

    Wah..jadi kangen suasana tempel..secara rmh saya sebelahan dgn rmh pak karto(alm)yg ngipasin satenya aja sebelah rmh saya cmn sy sdri skrg dibandung mengadu nasib..
    Pgn sih suatu saat nanti kembali lg hidup di tempel jogja..
    Dg segala kepribadian jogja yg ramah dan santun..
    Itu yg sll sy rindukan !!!

  27. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] dan TONGSENG: 1. Sate Kambing Pak Karto Pasar Tempel, Sleman, Sate Kambing Pak Karto Jl. Magelang Lumbungharjo Tempel 081328133606, dan Pasar Tempel Sleman 2. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: