Ngantri 40 demi sepiring Bakmi Goreng mBah Mo


Ngantri 40 demi sepiring Bakmi Goreng mBah Mo

Bakmi mBah Mo, Dusun Code, Bantul, Telpon 0274-7486989 HP 081548557743

mbah mo

Rabu, 20 Mei 2009  jam 20.15, “ngantri 40 Mas”, demikian ucapan tukang parkir di bakmi mBah Mo Bantul menyambut kedatangan kami setelah melalui perjalanan panjang sejauh 37 km dari Turi. Malam ini kami sengaja makan malam di Bakmi mBah Mo yang legendaris, yang meskipun terletak 13 km di sebelah selatan Jogja, di tengah perkampungan yang sepi, namun tetap laris dan di datangi pelanggan. Terbukti malam ini, ketika kami datang mesti mengantri 40-an porsi, dan di tempat parkir ada beberapa mobil luar kota dengan plat B dan R, dan ada beberapa taxi.

Kami kemudian memesan bakmi jawa sesuai dengan keinginan kami masing-masing, kami bersembilan namun Afa sudah tertidur, sehingga cuma pesan 8 porsi, terdiri dari 4 porsi bakmi godok dan 4 porsi bakmi goreng, istimewa. Saya sendiri memesan bakmi goreng istimewa dengan kepala ayam.

Sambil menunggu pesanan kami datang, saya dan Mas Eko sempat berbincang-bincang dengan Bu Mujiyah, putri sulung mBah Mo yang meneruskan menjadi juru masak sejak tahun 2000. Bakmi mBah Mo dirintis oleh Atmo Wiyono sejak tahun 1986, mulai ramai tahun 1990, bertahap. Bu Mujiyah meneruskan usahanya setelah mBah Mo meninggal. Bakmi mBah Mo tidak membuka cabang di kota lain.

meracikMeracik Bumbu

Bakmi mBah Mo buka dari jam 17.00 sampai dengan 23.00. Menu utamanya adalah bakmi godok, bakmi nyemek dan bakmi goreng, ada yang biasa dan yang istimewa. Bakmi istimewa adalah bakmi yang ditambahkan dengan paha, sayap, ati ampela atau brutu. Bakmi biasa harganya 10000/ porsi, dan yang istimewa 16.000/ porsi.

Dalam satu hari kira-kira habis 200 porsi [kira2 200 pengunjung/ malam]. Dalam semalam, bakmi mBah Mo membutuhkan bahan 10 kg mie yang dibeli dari Ketandan, 15 ekor ayam kampung dan 200 butir telor bebek. Seekor ayam kampung bisa dipakai untuk 15 porsi bakmi biasa atau 10 porsi bakmi istimewa.

Pelanggan paling banyak datang dari luar kota. Menu andalan mBah Mo adalah mie rebus, sedangkan minuman andalannya adalah teh jahe. Warung ini tidak mengenal hari libur, meskipun tanggal merah tetap jualan.

memasakMemasak

Salah satu keistimewaan bakmi mBah Mo adalah dimasak di atas anglo dan dikipasi secara manual. Sekali memasak hanya untuk satu porsi eksklusif, dan dicicipi setiap porsinya. Di warung ini hanya ada 2 anglo yang dipegang oleh dua orang juru masak. Kru bakmi mBah Mo terdiri dari 9 orang yang terdiri dari keluarga dan kerabat mBah Mo.

Bakmi mBak Mo, tidak membuka cabang di kota lain. Salah satu menantu mBah Mo, suami Bu Mujiyah membuka warung bakmi di kota lain dengan menggunakan nama Bakmi Pak Man, dan saat ini mempunyai cabang di 5 kota yaitu Magelang, Tegal, Slawi, Semarang dan Karawang. Dulu pernah membuka cabang di Fatmawati Jakarta, namun kemudian tutup karena sewa tempatnya mahal.

Setelah cukup lama menunggu, akhirnya pesanan kami datang juga. Kami hanya memesan mie godok dan mie goreng, sedangkan minumannya rata-rata pesan teh jahe dan teh panas.

mie godokMie Godok

mie gorengMie Goreng

jaheTeh Jahe

Dan kami pun segera menikmati bakmi jawa yang eksklusif di warung mBah Mo.

menikmatiMenikmati

menikmati1Menikmati 1

Mie gorengnya, dari aromanya dah tercium kelezatannya, membangkirkan selera untuk segera menyantapnya. Mienya segar, tidak tercium bau “letheng” karena tanpa pengawet. Mie godoknya juga nyamleng, bumbu mirinya terasa namun tidak terlalu, ndak bikin neg. Porsi mie di mBah Mo ini termasuk jumbo.

Selesai makan, kami membayar,  untuk bersembilan [8 makan di tempat plus minum dan 1 dibungkus ], kami membayar 182 ribu. Relatif murah untuk kualitas bakmi yang kami nikmati malam ini, sepadan juga dengan perjalanan yang kami tempuh. Kami kemudian pulang ke Turi, dengan membawa pengalaman menikmati citarasa bakmi mBah Mo yang legendaris dan suatu saat mudah-mudahan bisa kembali menikmati. [by kom]

DAFTAR HARGA: 1. Bakmi Godok, Bakmi Goreng dan Bakmi Nyemek : Rp. 10.000,00 2. Bakmi Godok, Bakmi Goreng dan Bakmi Nyemek Istimewa :Rp. 16.000,00

REFERENSI LAIN MENGENAI BAKMI MBAH MO:
1. Kuliner Ndeso yang Melegenda
2. Pak Harto dan Mi Jowo
3. Bakmi Mbah Mo, Bakmi Super Uenaak..
4. Mbah Mo, Ikon Mie Jawa Jogja dari Bantul
5. Di Yogya, Lidah Wajib Bertamasya

Advertisements

15 Responses to “Ngantri 40 demi sepiring Bakmi Goreng mBah Mo”

  1. warnet Says:

    40 porsi, 3 jam stengah ya bos…. 15 porsi … 2 jam je…

  2. ullah Says:

    enak banget. saya sudah dua kali kesini dan tetep menyempatkan diri datang lagi setiap ada kesempatan ke jogja.

    • sulastama Says:

      Betul.. bakmi mBah Mo memang selalu mengundang kita untuk datang kembali, andai letaknya ditengah kota dan tidak terlalu jauh ke arah Bantul 🙂

  3. nonotriyono Says:

    pas-e nggone sebelah ngendi to mas? aku dari arah srandakan

  4. elang tito Says:

    26 Desember 2010, hari mengecewakan, dongkol, marah. Dapat antrian No.3 kurang lebih 1 jam 30 menit, bakmi belum matang………….trus anak saya bilang Papa orang yang datangnya di belakang kita no. antrian 6 kok udah diladeni…………….begitu ditanya juru masaknya dengan enteng menjawab…yang masak no 3 bukan saya……lha terus yang terima pesanan tadi siapa…………..kecewa, dongkol, marah, kesel. Saya putuskan gak jadi makan bakmi Mbah Mo yang betul betul Ndeso, ….sombong……nganyelake, trus waktu mau bayar minum dengan enaknya mbak mbak yang punya bilang ” nggak usah dibayar pak ” ….hah ha harga diri saya gak bisa ditebus sama segelas wedang jahe mbak …..
    Maaf ya Mbak………………kalo mau lanjut usahanya perbaiki manajemennya……………saya kecewa pulang kampung…pengen makan malah dibikin kecewa…sama pelayanan yang memang ndeso

    • odehief Says:

      pengalaman Anda pantas jadi catatan bagi rekan2 yang membaca kisah kesuksesan atau kelezatan kuliner tertentu. sebab kadang kenyataan yang kita temui tidaklah seperti yang digambarkan orang2. Seperti yang telah saya rasai barusan, bakmi mbahmo ternyata rasanya/baunya apek. entah mungkin yang masak bukan yang biasanya ato gimana. pelayannya juga tdk ramah. mudah2an bisa jadi catatan bagi penerus mbah mo, perbaiki pelayanan dan juga kualitas bahan. biar penikmatnya tidak hanya datang sekali, atau datang karena promosi orang namun tidak menemukan kepuasan.

  5. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] Goreng Brutu di Bakmi Pak Pele, warung Makan dan Lesehan Pak Pele, Alun-alun Utara Yogyakarta 5. Ngantri 40 demi sepiring Bakmi Goreng mBah Mo, Bakmi mBah Mo, Dusun Code, Bantul, Telpon 0274-7486989 HP 081548557743 6. Napak Tilas Pak Harto di […]

  6. hadiyanta Says:

    monggo yang sekitar barat jogja bisa cicipi disini, saya sudah bandingkan di Perempatan Depok Ambarketawang, Selatan Pertamina Rewulu, Sekitar Godean, saya yang cocok bakmi Lor Polsek Pedes ini. Antrian dicatat di kertas, yang masak cuma satu orang, jadi tidak mungkin di overtake saat antri.
    http://www.hadiyanta.com/2011/12/29/bakmi-jowo-lor-polsek-pedes/

  7. recruitmen Says:

    Saya membutuhkan tukang masak bakmi, yang berpengalaman, Gaji: 1/3 dari nilai pendapatan bersih, SEGERA . . .!!! Hub: Anjar 085728780099

  8. G Says:

    izin ambil gambarnya gan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: