Menikmati Bakmi Goreng Uritan di bawah Iringan Musik Keroncong di Bakmi Kadin


Menikmati Bakmi Goreng Uritan di bawah Iringan Musik Keroncong di Bakmi Kadin

Bakmi Kadin, Jln Bintaran Kulon 3-6, Belakang Kantor Kadinda DIY, Jogja
Telpon 0274-373396

Rabu 15 Juli 2009, jam 19.00 saya dan istri sampai di Bakmi Kadin yang terletak di jalan Bintaran Kulon 3-6. Kami sedang dalam perjalanan pulang setelah konsultasi dengan Prof Anwar di RSIA Bhakti Ibu, dan menyempatkan diri untuk menikmati bakmi kadin sebagai makan malam kami.

Bakmi Kadin, merupakan salah satu legenda kuliner di Jogja. Warung Bakmi ini didirikan oleh Haji Karto pada tahun 1947 dan saat ini diteruskan oleh anaknya Rohadi. Nama kadin dipakai karena lokasi warung bakmi ini di jln Bintaran Kulon 3-6 persis terletak di belakang kantor Kadin DIY.

Kami kemudian memesan makanan dan minuman untuk makan malam kami. Saya memesan bakmi goreng uritan, bajigur dan teh manis, sedangkan istri saya memesan bakmi godog dan jeruk manis.

memasakMemasak Bakmi

Seperti di bakmi jawa yang lain, bakmi kadin ini menggunakan anglo berbahan bakar arang untuk memasak bakminya. Pemakain anglo ini menghasilkan cita rasa yang khas, berbeda dengan masakan yang dimasak di atas kompor gas atau kompor minyak tanah.

Di bakmi kadin ada 4 gerobak berisi bahan-bahan bakmi dan bumbu-bumbu yang masing-masing dilengkapi dengan satu anglo, juru masak dan pramusaji. Setiap hari, bakmi kadin buka mulai jam 17.00, dan tutup apabila sudah habis. Dalam semalam, menghabiskan bakmi antara 30-40 kg.

KeroncongMusik Keroncong

Sambil menunggu pesanan kami datang, kami dihibur oleh sekompok grup music yang memainkan lagu-lagu keroncong. Menurut saya, suara vokalis sangat bagus, serasa mendengarkan Waljinah, musik pengiringnya pun juga sangat bagus. Saya terpesona oleh sajian musik ini, membuat suasana semakin terasa nyaman. Dan yang membuat saya semakin terpesona, di samping menyanyikan lagu-lagu keroncong klasik, grup ini juga bisa menyanyikan lagu-lagu baru yang sedang ngetop seperti Tak Gendhong-nya mBah Surip.

BajigurBajigur

Untuk minumnya, saya memesan bajigur, yang merupakan minuman andalan warung bakmi kadin ini. Bajigur adalah wedang jahe yang ditambahi dengan potongan kelapa muda dan roti. Cocok sebagai teman makan bakmi di malam yang dingin, segar dan menghangatkan badan.

bakmi godogBakmi Godog

Untuk makan malam, istri saya memesan bakmi godog.

bakmi gorengBakmi Goreng Uritan

Sedangkan saya sendiri, memesan bakmi goring uritan kesukaan saya. Bakmi goring uritan adalah bakmi goring yang ditambahkan dengan uritan atau telor yang belum jadi. Sejak lama saya menggemari bakmi goring uritan ini dan selalu memesannya bila makan bakmi jawa.

MenikmatiMenikmati Bakmi

Setelah pesanan kami terhidang, kamipun segera menikmati. Melihat porsinya yang jumbo, saya merasa tidak bakal bisa menghabiskan bakmi goring saya. Namun setelah menyendok dan menyicipi bakminya, sudah terasa kenikmatannya dari suapan pertama. Bakminya terasa empuk, gurih dan rasanya istimewa. Keistimewaan rasanya disebabkan karena racikan bumbu yang pas dan sudah berlangsung puluhan tahun, pemilihan bahan bakminya, pemakaian telor itik dan cara masaknya yang satu persatu di atas anglo.

Pelayanan yang cepat, tempat makan yang nyaman dan tertata rapi, dan iringan musik keroncong yang berkualitas tinggi, ditambah dengan rasa bakminya yang nyamleng, membuat makan bakmi kadin terasa sangat nikmat.

Beberapa pelanggan dari luar kota kami ketahui hadir menikmati bakmi kadin malam ini, terlihat dari beberapa mobil plat luar kota yang ada di parkiran. Salah satu yang membuat saya surprised, saya bertemu dengan Aziz, adik kelas saya yang sekarang kerja di Medco. Dia bersama keluarga juga berniat untuk menikmati kenyamlengan bakmi kadin ini.

AzizAziz dan Keluarga

Setelah selesai makan, saya membayar. Untuk seporsi bakmi godog, seporsi bakmi goreng uritan, bajigur, teh manis, jeruk manis dan kerupuk, kami mesti membayar 49 ribu [termasuk pajak]. Sekilas relatif mahal dibandingkan dengan bakmi jawa yang lain, namun melihat porsinya dan merasakan kenyamlengannya terasa sepadan antara harga dan kepuasan yang kami peroleh setelah menikmati bakmi kadin ini.

Referensi:
1. Bakmi dan Bajigur Kadin, Mie Jawa Favorit Pak Harto
2. Bakmi Kadin, Bakmi Jowo Super Laris
3. Pak Harto dan Mi Jowo

Advertisements

12 Responses to “Menikmati Bakmi Goreng Uritan di bawah Iringan Musik Keroncong di Bakmi Kadin”

  1. johan Says:

    Maknyuss ….

  2. Rahmat Miftahul Habi Says:

    Iya nih manteb…
    Tapi sayang nunggune suwii…
    Saya dateng lumayan ada 7org. Jadi lama kali ya 🙂
    Klo malem mesti rame apalagi pas liburan, wah kiri kanan penuh parkirane. Kami aja ga dapet parkiran yg deket, dapetnya seberang gereja agak ke timur lagi 😦

  3. Rahmat Miftahul Habib Says:

    Iya nih manteb…
    Tapi sayang nunggune suwii…
    Saya dateng lumayan ada 7org. Jadi lama kali ya 🙂
    Klo malem mesti rame apalagi pas liburan, wah kiri kanan penuh parkirane. Kami aja ga dapet parkiran yg deket, dapetnya seberang gereja agak ke timur lagi 😦

    Ayah saya kebetulan seneng banget sama keroncong. Jadi dulu pas kesana malah request lagu judule “Solo Balapan” itu lho..

  4. Deny Sofyan Says:

    Inna lillahi w.i.r. Telah wafat Bp Rochadi (Bakmi Kadin), rumah duka Jln Bintaran Kidul, dimakamkan hari ini j16:00. Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT dan bagi kluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran Amin

    • sulastama Says:

      Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Bpk Rochadi, semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allh SWT, diampuni segala kesalahannya dan diterima semua amal ibadahnya,

  5. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] Bakmi Jawa Pak Geno, Jl. Parangtritis, Pasar Prawirotaman, Yogyakarta Handphone : 081328576550 7. Menikmati Bakmi Goreng Uritan di bawah Iringan Musik Keroncong di Bakmi Kadin, Bakmi Kadin, Jln Bintaran Kulon 3-6, Belakang Kantor Kadinda DIY, Jogja Telpon 0274-373396 8. mBah […]

  6. Bufejap Says:

    Semalam tgl 16 Nov 2012, kami sekeluarga ber 8 menikmati bakmi Kadin. Ketika tiba ditempat; kami semua semakin yakin kalau pilihan kami tepat karena tamunya banyaaaak sekali n terus bus datang dg membawa penumpang yg banyaak. Kami memesan pesanan kami n langsung pramusaji mengatakan harus tunggu 1 jam, krn memang kami ingin mencicipi (walaupun ruangannya begitu kotornya) kami terima itu n juga sambil menikmati kroncong, hasilnya menurut kami tidak enak (maaf, mungkin kami tidak mau pakai MSG). Yg bagus hanya KRONCONG nya

  7. Mulyoto Says:

    Aku penasaran bakmi nyemek dan wedang bajigurnya, o o sama-sama hangat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: