Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum


Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum

Gudeg Yogya Yu Djum, Jln Wijilan no 31, Yogyakarta

Jum’at 17 Juli 2009, saya memiliki kesempatan untuk makan siang [menjelang sore] di Gudeg Yu Djum. Sehabis menjemput istri saya di FKG UGM, kami berdua naik motor ke Jln Wijilan untuk makan siang dengan gudeg.  Dan kami memilih gudeg Yu Djum untuk tempat makan siang kami, karena gudeg Yu Djum merupakan salah satu legenda gudeg Wijilan.

100_5086 (Medium)Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum terletak di jalan Wijilan no 31. Gudeg Yu Djum ini berdiri pada tahun 1946, beberapa tahun setelah Gudeg Bu Slamet [gudeg pertama di Wijilan, 1942]. Waktu pertama kali berdiri, warung gudeg ini bernama Warung Gudeg Ibu Djuwariah.

Wijilan merupakan kampung gudeg Jogja, Gudeg Wijilan merupakan gudeg kering dengan rasa manis dan bercita rasa. Lauk pelengkapnya terdiri dari daging ayam kampung dan telur bebek dipindang yang kemudian direbus, rasa pedas merupakan paduan sayur tempe dan sambal krecek. Untuk mencapainya dari Malioboro tidak terlalu susah. Dari jalan Malioboro ke selatan, sampai ketemu alun-alun utara, kemudian belok kiri/ timur, dan menyusuri jalan Ibu Ruswo sampai ketemu plengkung Wijilan, kemudian belok ke selatan menyusuri jalan Wijilan.. Di dekat Plengkung Wijilan ada papan nama, bertuliskan Wijilan Kampung Gudeg, terbukti memang di sepanjang jalan Wijilan ini terdapat banhyak warung penjual gudeg, salah satunya yang cukup legendaris “Gudeg Yogya Yu Djum” ini.

100_5063 (Medium)Daftar Menu

Menu standar yang tersedia di Gudeg Yu Djum adalah gudeg, areh dan krecek. Dapat juga ditambah dengan lauk daging ayam yang dijual per bagian, tahu/ tempe, daging ayam yang disuwir-suwir dan telur yang dimasak pindang.

100_5080 (Medium)Gudeg Kendil

Sedangkan menu andalan dan paling diminati oleh pecinta gudeg untuk dibawa pulang sebagai oleh –oleh adalah gudeg kendil. Gudeg kendil adalah gudeg komplet yang disajikan dalam kendhil (sejenis gerabah tanah liat) dan dibungkus kardus. Gudeg ini diperuntukkan bagi pemesan yang membawa pulang. Gudeg komplet dalam kendil itu berisikan gudeg, sambal goreng krecek dan kacang tolo, opor ayam kampung dan telur itik, serta areh (santan kental).

100_5075 (Medium)Melayani Pembeli

Setelah masuk ke dalam warung, saya memesan makanan, yang dilayani oleh seorang Ibu.

100_5056 (Medium)Gudeg Telor + Tahu Tempe

Istri saya memesan Gudeg Telor dan Tahu Tempe

100_5061 (Medium)Gudeg Telor + Paha Atas

Sementara saya memesan gudeg telor dan paha atas.

100_5068 (Medium)Menikmati Makanan

Setelah pesanan kami datang, kami segera menikmatinya. Gudegnya enak manis tapi tidak bikin enek, begitu juga ayamnya empuk, areh dan telurnya juga nyamleng. Saya sempat menambah nasi, karena porsi nasinya kurang dan lauknya masih tersisa.

Saya sangat terkesan dengan kenyamlengan gudeg Yu Djum ini, lebih nyamleng dari gudeg yang biasa saya nikmati.  Karena itu, saya memutuskan untuk memesan satu besek gudeg + ayam untuk dibawa pulang kerumah, agar anak saya juga ikut merasakan kenyamlengan gudeg Yu Djum. [kom]

Referensi Lain Tentang Gudeg Yu Djum:
1. Sedapnya Gudeg Halal Yu Djum
2. Gudeg Yu Djum, antara Rasa dan Kharisma

Advertisements

14 Responses to “Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum”

  1. Rahmat Miftahul Habib Says:

    One of the Jogja’s Gudeg Legend 🙂

  2. Anggra WP Says:

    Mantap Mo….aku yo doyan gudeg Yu Djum…luwih enak mbangane gudeg selokan…terlalu manis nek gudeg selokan & terlalu kering…

  3. Louis kevin Says:

    30 Okt 2010 kami berlima + sopir travel ( * berlian ) makan di Yu JUm Jl Wijilan No.38
    dipapan tertulis Menu & Harga :
    1. Nasi + Ayam Rp. 12.000
    2. Nasi + Ayam + telor Rp.17.000
    saat selesai makan kami terperanjat bon tagihan
    Nasi + ayam 2 X Rp. 26.000 = Rp.52.000 ( 2 anak kecil )
    Nasi + ayam +telor 3 X Rp.32.000 = Rp.96.000
    Sopir Nasi + ayam + telor + teh botol = Rp. 37.500
    PS. Waspadalah ketidak jujuran ala yu jum , wijilan, kapok makan disana, semoga hanya kami & kel yg apes kena getok disana…

  4. ayudhacatering Says:

    nih mau bagi2 pengalaman kuliner bagi yang doyan jengkol ada semur jengkol mantabbbbbbbbb di daerah cijerah no 11 bandung KANTIN MIROS namanya pokoknya muantab abis di sana juga ada gudeg jogja dan aneka masakan lainnya pokoknya maaaa…nyussssss……

  5. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] Gedung Pusat UGM (Utara Selokan Mataram), Karangasem CT II/ 05, Yogyakarta, Telpon 0274-520049 2. Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum, Gudeg Yogya Yu Djum, Jln Wijilan no 31, Yogyakarta 3. Lesehan di Gudeg Permata Bu Pujo, Gudeg […]

  6. Pertama di Dunia: Ind*mie Baru Rasa Gudeg Yu Djum | jokes Says:

    […] cek TKP di sini. Entri ini ditulis dalam gambar, humor, jokes, lelucon, picture oleh admin. Buat penanda ke […]

  7. tempatkuliner Says:

    suasanya masih tempo dulu.. dengan dinding bata merah.. sayang belum di renovasi untuk para wisata kuliner yang baru merasakan mungkin beranggapan nggak asik nih.. kalau pecinta seni pasti bicaranya beda… http://www.kitareview.com/Kuliner/Yogyakarta/Gudeg_Yu_Djum.html

  8. Nurul Says:

    Udah seminggu pengen makan gudeg blum kesampaian, karena di kubar-kaltim ini ga da yg jual. searching2 resep gudeg bertekat mw bikin sendiri, malah nyasar ke blog ini…semakin ngecesss–ngecesss mupeng hehehe asyik Mas blognya tambah terus kuliner infonya ya

  9. Semarang, Magelang dan Yogjakarta di akhir 2011 | M Reza Faisal Says:

    […] berkunjung ke kota gede untuk belanja kerajinan perak dan kuliner. Kuliner kemana? Tentu saja ke Gudeg Yu Djum. Nyem nyem sedaaap (walau tetap lebih mantabs Gudeg Banda di Bandung sih […]

  10. pudji Says:

    Memang enak punya gudeg yu djum apalagi pas makan siang.enaaaaak banget.

  11. [VIDEO] Gudeg di BSD Serpong Teraskota 0819 3227 9289 Ajeng - Toomat.xyz Says:

    […] sudah tida asing … Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum | Wisata Kuliner … Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum 23 Jul 2009 – Gudeg Yu Djum terletak di jalan Wijilan no 31. Gudeg Yu Djum ini berdiri pada […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: