Sarapan Kepagian di Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan


Sarapan Kepagian di Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan

Gudeg Cakar Bu Kasno, Jln Wolter Monginsidi (depan GKJ Maryoyudan) Solo

Minggu 27 Desember 2009, saya terbangun sebelum Subuh. Kebetulan saya menginap di Hotel Asia yang tidak terlalu jauh dari gudeg cakar Bu Kasno Margoyudan, sehingga pagi-pagi sekali saya ingin menikmati sarapan di tempat itu. Saya pun kemudian turun ke lobby, dan berniat untuk memanggil taxi, sayang resepsionisnya sedang tertidur semua sehingga saya memutuskan untuk jalan kaki saja.

Baru beberapa langkah mengayun kaki di depan hotel, tiba-tiba ada tukang becak yang menawarkan jasanya untuk mengantar saya, kebetulan pikirku. Kemudian saya menanyakan berapa taripnya sampai gudeg cakar Bu Kasno, yang dijawab oleh tukang becak (Pak Parman) dengan “sumonggo”, terserah. Jadilah saya diantar dia ke Bu Kasno, yang tidak terlalu jauh naik becak namun cukup melelahkan kalau jalan kaki.

Bu Kasno

Gudeg Bu Kasno atau juga dikenal gudeg Margoyudan terletak di jalan Wolter Monginsidi depan GKJ Margoyudan. Bu Kasmorejo (Bu Kasno) – 65 tahun- berjualan gudeg sejak tahun 1970 bersama dengan karyawan yang masih kerabatnya. Gudeg ini terkenal karena menyajikan menu gudeg beserta dengan cakar (kaki bagian bawah) ayam dan memiliki waktu jualan yang tidak lazim (jam 01.30 sampai jam 7.00 pagi)

Warung Gudeg Cakar

Sekitar  jam 4  lewat sepuluh menit , saya sampai di gudeg Bu Kasno, suasana ramai, banyak mobil dan motor di parkiran. Sementara pemiliknya sedang menikmati gudeg dengan lesehan maupun duduk di kursi. Saya pun kemudian memesan seporsi gudeg cakar dan the manis, sedangkan untuk Afa dan Ibunya saya memesan gudeg dan bubur cakar dibungkus untuk dibawa pulang ke hotel.

Gudeg Cakar

Tidak berapa lama kemudian, pesanan saya datang, dan saya pun segera menikmatinya dengan duduk lesehan di atas selembar tikar di trotoar. Seporsi gudeg cakar terdiri dari sepiring nasi, gudeg dan 4 buah cakar. Gudegnya termasuk gudeg basah, manis dengan bahan nangka muda, krecek dan tholo. Nasinya empuk, pulen, enak dan porsinya pas untuk sarapan. Sedangkan cakarnya gurih, empuk dan tidak amis. Perpaduan ketiganya mencipatkan citarasa yang nyanleng! Enak tenan! Sementara saya makan, ada seorang anak muda yang menyanyikan lagu diiringi dengan gitar, lagunya enak dan suaranya bagus. Menikmati sepiring nasi gudeg cakar, ditemani segelas teh, krupuk dan iringan musikterasa nikmat sekali. Sebuah sarapan yang menyenangkan.

Pengunjung Menikmati Gudeg

Setelah selasai makan, saya membayar untuk 2 porsi gudeg dan seporsi bubur, minum dan krupuk, semuanya habis Rp 31.500,00. Harga yang relative murah untuk citarasa dan suasana makan gudeg Bu Kasno. Jam 5 pagi kurang sedikit saya sampai ke hotel, masih dengan becak Pak Parman yang menunggui ketika saya menikmati gudeg. (kom09)

Pak Parman dan Becaknya

Daftar Harga:
1. Gudeg Cakar : Rp. 12.000,00

Advertisements

8 Responses to “Sarapan Kepagian di Gudeg Cakar Bu Kasno Margoyudan”

  1. PADMANABA.NET | My Online Magazine » Sarapan Kepagian di Gudeg Cakar Bu Kusno Margoyudan Says:

    […] selengkapnya tulisan Sulastama Raharja ini di Wisata Kuliner Online. | More Permalink|Comments RSS Feed – Post a comment|Trackback […]

  2. santoz Says:

    6 tahun lebih aq tinggal di solo dan belum pernah ke gudeg margoyudan..salutlah buat wisata kulinernya mas komo..salam kagem keluarga dari adikmu ini.

  3. Sopril Amir Says:

    Aku pernah marani gudeg ceker kuwi, ning yo telat, ra entuk cekere, jebule kurang isuk, jam 5 punjul, wakakak. Aspek sosiale misale, pengunjunge sopo wae, opo bakul, kelas menengah, dlsb, terus opo ono wong ngetop sing dadi langganane, dsb, wis marahi ngeleh ki

    • sulastama Says:

      saya kemarin kebetulan nginap dekat warung itu Mas Sopril, jadi bisa mruput sebelum subuh ke situ. Pas saya pulang jam 5 kurang dikit warung dah mulai sepi, ning kayake cakare masih.

  4. Adhe Dewi Padmasari Says:

    biasanya stlh jemput ayah di balapan kami selalu mampir sana mas. Anak sy yg 7 th suka sekali mkn disana. Oh ya,kl bln puasa buat makan sahur jg enak lho…brkt jam 2.30 dr rmh he3x

  5. Lima Tempat Wisata Kuliner di Solo « Says:

    […] 2. Gudeg Cakar Bu Kasno, Jln Wolter Monginsidi (depan GKJ Maryoyudan) Solo Gudeg Bu Kasno atau juga dikenal gudeg Margoyudan terletak di jalan Wolter Monginsidi depan GKJ Margoyudan. Bu Kasmorejo (Bu Kasno) – 65 tahun- berjualan gudeg sejak tahun 1970 bersama dengan karyawan yang masih kerabatnya. Selengkapnya silahkan baca di http://kulineronline.net/2010/01/12/sarapan-kepagian-di-gudeg-cakar-bu-kusno-margoyudan/ […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: