Nyamlengnya Timlo Sastro Balong Solo


Nyamlengnya Timlo Sastro Balong Solo

RM Timlo Sastro, Jln Pasar Gede Timur 1-2, Balong, Solo
telpon 0271654820

Minggu 27 Desember 2009, saya sekeluarga makan siang di Timlo Sastro Balong. Sebelumnya saya berencana makan siang di tengleng pasar klewer namun tidak disetujui Ibunya Afa sehingga timlo balong sebagai alternative pengganti.

Timlo Sastro Balong merupakan timlo khas Solo yang tidak menggunakan soun, kentang dan jamur, dan hanya disajikan menggunakan rempelo ati, sosis solo dan telur ayam pindang dengan menggunakan kuah timlo. Timlo Balong dirintis pertama kali oleh Pak Sastro yang mulai berjualan pada tahun 1948 dengan menggelar dagangan di perempatan Pasar Gede. Dan sejak tahun 1958 pindah ke tempat yang sekarang di jln Pasar Gede Timur 1-2 Balong. Pada tahun 2002, timlo balong membuka satu- satunya cabang di jalan Dr Supomo Solo, dan sampai saat ini belum membuka cabang di kota lain karena khawatir rasanya akan berubah.

Melayani Pembeli

Kami berangkat ke timlo balong menggunakan becak setelah belanja di pusat grosir solo. Timlo balong terletak di jalan pasar gede timur no 1, Balong, tidak begitu jauh dari pusat grosir solo. Ketika kami datang, sekitar jam 12.15 pas waktunya makan siang. Pengunjung sangat ramai, beruntung kami masih memperoleh meja di pojokan.

Pengunjung

Menu yang tersedia di warung ini cukup beragam, ada bermacam pilihan timlo a.l timlo komplit, telor rempelo ati, telor sosis, rempelo ati dsbnya. Saya memesan timlo komplit, Ibunya Afa timlo telor dan Afa timlo sosis telur. Untuk minumnya saya memesan es stroop, Afa dan Ibunya memesan jeruk panas.

Tidak berapa lama kemudian pesanan kami datang. Semangkuk timlo komplit terdiri dari sosis solo, rempelo ati dan telur pindang yang disajikan dalam sup bening kaldu ayam

Timlo Komplit

Sedangkan timlo telur sosis berupa sup bening kaldu ayam dengan sosis dan telur pindang.

Timlo Sosis Telur

Setelah makan kami siap, kami segera menikmatinya. Kuah kaldu ayamnya gurih dan tidak asin, rempelo ati, sosis dan telur pindangnya enak. Semangku timlo komplit beserta nasi pun segera tandas untuk mengobati rasa laparku. Afa dan Ibunya juga terlihat asyik menikmati timlo masing-masing.

Menikmati

Sambil menikmati makan siang, ada iringan music dari empat orang pengamen yang menyanyikan lagu di depan warung. Hal ini menambah nyaman suasana sehingga acara makan siang kami terasa lebih nikmat.

Pemusik

Setelah selesai makan siang saya membayar, untuk makan 3 orang saya membayar Rp. 44.000,00, harga yang murah untuk citarasa timlo yang lezat dan suasana yang nyaman. Sebelum meninggalkan warung, Afa dan Ibunya sempat berfoto di depan warung. Pemilik warung ternyata cukup ramah dan baik hati dengan membantu menelponkan taxi buat kami.

Nampang

Daftar Harga:
1. Timlo Komplit: Rp. 12.000,00
2. Timlo telur: Rp. 5.000,00
3. Timlo Sosis telur: Rp. 9.000,00
4. Nasi Putih: Rp. 3.000,00
5. Es Stroop : Rp. 3.000,00
6. Jeruk panas: Rp. 3.000,00

Advertisements

12 Responses to “Nyamlengnya Timlo Sastro Balong Solo”

  1. gambang semarang Says:

    nyamleng tenan mas, apalagi harganya juga cukup murah, mau..mau..mau..
    my last post: Cokelat Hangat Membuatku Bernafsu

  2. wijayanta Says:

    mantap tom 🙂

  3. Adhe Dewi Padmasari Says:

    kl aku lebih suka timlo Es Masuk mas…soalnya pake sayuran…kalo timlo asli spt sastro balong kurang suka soalnya cuma jerohan ayam..

  4. Jonathan Oei Joeng™ Says:

    Timlo sastro memang sangat terkenal dan rame banget kalo pas makan siang padahal kalo kita perhatikan di seberang warung timlo ini ada tempat pembuangan sampah yang kadang baunya gak enak tapi hal ini tidak mengurangi kenikmatan timlo itu sendiri.
    Di solo masih banyak makanan enak yang lain yang kudu dicoba tuh seperti soto gading, soto kirana, bestik jawa hardjo dan kawatan dan masih banyak yang lain lagi.

    regards,
    Jonathan

    • sulastama Says:

      Pak Jonathan,

      terima kasih atas pencerahannya.
      awalnya pas di sana saya bingung kenapa rumah makan ini ditutup rapat dengan kain, ternyata untuk menghindarkan pemandangan dari tpa :), sebuah ide yang cerdas. Konon itu dilakukan setelah negosiasi memindahkan tpa tidak berhasil.

      Akhir tahun lalu saya ke Solo, bertiga dengan anak istri, naik pramex dari Jogja sabtu pagi. Tujuan utamanya naik sepur kluthuk jaladara, mengenalkan anak saya yang berumur 4,5 tahun dengan kereta tua yang masih jalan di tengah kota.

      Saya hanya sempat singgah di beberapa tempat, selain timlo Balong, a.l bebek goreng pak slamet, dawet selasih bu watik, makan malam di galabo [di sini makan bestik harjo, sate bejo, bebek bio dan sega liwet bu tutik], dan gudeg cakar bu kasno.
      Rata-rata tempat yang saya kunjungi harganya affordable, suasananya nyaman dan pelayanannya bagus.

      Saya menginap di hotel Asia, bagus hotelnya, harganya juga bagus. Untuk transportasi saya menggunakan becak atau taxi [biar bebas ndak tergantung driver], keduanya bagus, saya bisa berbincang-bincang dengan bahasa jawa halus dengan mereka, cukup santun.
      Someday mudah-mudahan saya bisa ke Solo lagi, masih penasaran dengan sate bejo di loji wetan, tengkleng pasar klewer dan sega liwet wongso lemu.

  5. Lima Tempat Wisata Kuliner di Solo « Says:

    […] 1. RM Timlo Sastro, Jln Pasar Gede Timur 1-2, Balong, Solo telpon 0271654820 Timlo Balong dirintis pertama kali oleh Pak Sastro yang mulai berjualan pada tahun 1948 dengan menggelar dagangan di perempatan Pasar Gede. Dan sejak tahun 1958 pindah ke tempat yang sekarang di jln Pasar Gede Timur 1-2 Balong. Pada tahun 2002, timlo balong membuka satu- satunya cabang di jalan Dr Supomo Solo, dan sampai saat ini belum membuka cabang di kota lain karena khawatir rasanya akan berubah. Selengkapnya ada di http://kulineronline.net/2010/01/13/nyamlengnya-timlo-sastro-balong-solo/ […]

  6. Sri Adrianto Says:

    Betul sekali, saya kenal timlo sastro sejak saya masih anak-anak (jadi udah kenal sejak lebih dari 35 tahun yang lalu). Saya tinggal dan lahir di Bandung, tapi saudara bapak dan ibu banyak yang tinggal di Solo, jadi setiap kita liburan ke Solo pasti kita makan disana. Sejak 10 tahun terakhir ini kami tinggal di Perancis dan Spanyol, tetapi tetap saja setiap kali liburan tahunan ke Indonesia, saya selalu mampir Solo untuk mencoba ketemu saudara-saudara, tapi yang utamanya adalah untuk makan timlo Sastro setahun sekali 🙂 Salam, Anto, Madrid.

  7. rahman Says:

    pak saya agen brambang goreng, mau ngadakan kerjasama, kalau bapak ada respon mohon hub. 087835479593 atau via email. pedagangbaru@yahoo.com mohon coba dulu produk saya, buktikan bedanya.
    saya orang solo juga
    terimakasih

  8. maknyuzzz Says:

    maknyuz,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: