Menikmati Mangut Welut di Pasar Godean


Menikmati Mangut Welut di Pasar Godean

 
Seberang Gerbang Pasar Godean, Jln Godean Km 15
Yogyakarta

Rabu 31 Maret 2010, saya bersama dengan Mas Eka sekeluarga dan Tami makan malam di warung mangut welut godean. Kami singgah dalam perjalanan pulang menjenguk Ichank yang sedang berkemah di PPSJ Kulonprogo, kebetulan melewati Pasar Godean.

Mangut welut Godean ini dirintis oleh mBah Darmo pada tahun 1946, dengan menu utama nasi mangut welut. Sejak tahun 1997 pengelolaan dilanjutkan oleh Bu Surani (cucu mBah Darmo) bersama dengan suaminya, Pak Ngadiyono. Sejak itu mulai ada menu tambahan gudeg, sayur daun singkong dan sambal krecek.

Warung Mangut

Warung mangut welut ini menyajikan mangut welut dengan bumbu mangut yang lebih pedas karena menggunakan laos. Sedangkan menu tambahan lainnya berupa gudeg, sayur daun singkong, sambal krecek, lele goring, lauk pauk baceman, telur, wader dan krupuk. Minumannya hanya menyediakan teh. Jam buka warung dari jam 6 sore sampai 10 malam.

Melayani Pembeli

Tempat berjualan berupa warung kecil yang bersebelahan dengan penitipan sepeda motor, di lengkapi dengan 3 buah lincak bamboo. Dagangan digelar di bagian depan, dan pengunjung menikmati makan malam di dalam, di atas lincak.

Tidak berapa lama kemudian pesanan mangut welut saya datang.

Makan Malamku

Seporsi mangut welut terdiri dari nasi, mangut welut dan sambal goreng krecek. Saya kemudian menambah dengan 2 buah kerupuk dan seekor lele goreng untuk melengkapi lauk.

Menikmati

Saya pun kemudian menikmati makan malam dengan sepiring nasi mangut welut, lele goreng dan kerupuk. Menurut saya mangutnya enak, kuahnya cukup pedas, welutnya empuk tidak a lot, tulangnya lunak sehingga bias dimakan. Nasinya juga empuk, pulen, dan lele gorengnya juga enak.

Setelah makan, mBak Ungah membayar makan malam kami. Untuk makan malam berempat, menghabiskan uang 35 ribu, sangat murah sekali. Ternyata seporsi mangut welut hanya 6 ribu.

Welut Goreng

Sebelum pulang, saya menyempatkan diri membeli welut goreng di Pasar Godean. Ada sekitar 35 penjual welut goreng yang berjualan di sini sejak pagi. Sekilo welut goreng harganya 50-60 ribu, tergantung porsi tepungnya (harga tanpa menawar). Saya membeli sekilo welut goreng yang harganya 60 ribu karena tepungnya sedikit untuk oleh-oleh dan dimakan di rumah.

Menurut saya, mangut welut dan penjual welut goreng di Pasar Godean layak dikunjungi oleh pecinta kuliner terutama yang menyukai welut dan mangut.

Daftar Harga:
1. Nasi Mangut Welut Rp. 6000,00
2. Welut Goreng Rp 60.000,00

Referensi Lain tentang Mangut Welut Godean:
1. Mangut Welut Istimewa dari Godean, Jauh di Mata – Lekat di Lidah

Advertisements

6 Responses to “Menikmati Mangut Welut di Pasar Godean”

  1. usaha warnet Says:

    sip …welut hmm senengan… sambele sing puedes…ben kemringet…

  2. suwandi Says:

    menghilangkan rasa rindu pesona godean

  3. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] mBah Marto, Sego ngGeneng, Dusun Nengahan, Panggung Harjo, Sewon, Bantul, telpon 085292095550 3. Menikmati Mangut Welut di Pasar Godean , Seberang Gerbang Pasar Godean, Jln Godean Km 15, […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: