Lesehan di Gudeg Permata Bu Pujo


Lesehan di Gudeg Permata Bu Pudjo

Gudeg Permata Bu Pujo, Jln Gadjah Mada,   barat Bioskop Permata,
Yogyakarta

Sabtu, 3 April 2010, saya sekeluarga dan Mas Eka sekeluarga menikmati makan malam di Gudeg Permata Bu Pujo. Kami singgah untuk makan malam setelah mengantar mBak Tutik ke stasiun Tugu. Kami datang jam 20.40 sudah banyak yang antri, makin malam makin banyak pembeli yang datang. Kami memeproleh tempat duduk lesehan di pinggir jalan Gadjah Mada, dan langsung memesan minuman dan makanan.

Gudeg Permata Bu Pujo berokasi sebelah Barat Bioskop Permata, Jln gadjah Mada Yogyakarta. Warung gudeg ini mulai berjualan sejak 1951 dengan nama Gudeg Bu Pujo. Pelanggan awalnya merupakan penonton bioskop Permata, dan saat ini sudah beralih ke penggemar gudeg yang sering keluar malam hari. Saat ini Gudeg Bu Pujo dikelola oleh anak-anaknya semenjak Bu Pujo meninggal.

Warung Gudeg

Warung ini buka setiap hari kecuali hari minggu, sejak jam 21.00-01.00.  Jenis makanan yang tersedia gudeg basah dengan rasa gurih, tidak terlalu manis. Sambal kreceknya pedas. Ayamnya boleh memilih a.l kepala, sayap, gendhing, paha, ati ampela dan telur. Minumnya teh dan jeruk, panas dan es.

Tepat pukul 21.00 penjual gudegnya datang dengan menggunakan 2 buah becak untuk mengangkut gudeg dan lauk pauknya. Tempat jualan berupa warung tenda dengan beberapa tempat duduk, sedangkan pengunjung yang lain duduk lesehan di trotoir jalan gadjah Mada dan gang di sebelah utara bioskop Permata.

Antrian Pengunjung

Begitu penjual gudeg datang, pelanggan yang sudah menunggu langsung menyerbu penjual gudeg, ngantri. Beruntung kami yang sudah datang duluan, sehingga mendapat tempat duduk dan sudah memesan makanan,tinggal menunggu pesanannya datang.

Melayani Pembeli

Pukul 21.17, setelah cukup lama menunggu, pesanan nasi gudeg kami datang. Mas Eka memesan nasi gudeg gendhing, Alka dan Ichang memesan nasi gudeg paha, Afa memesan nasi gudeg telur, mBak Ungah memesan nasi gudeg sayap, Bu Rini memesan nasi gudeg ati ampela dan saya memesan nasi gudeg sayap dan kepala ayam.

Gudeg Gendhing

Makan Malamku

Kami kemudian menikamti pesanan kami masing-masing. Saya menikmati nasi gudeg dengan lauk  sayap dan paha. Nasinya empuk, gudegnya termasuk gudeg basah, gurih dan tidak terlau manis, betonnya tidak dipakai untuk gudeg, rasanya pas di lidah saya. Sambal kreceknya cukup pedas, apalgi ditambah beberapa cabe rawit yang siap diceplus. Ayam kmapungnya empuk, tidak a lot dan rasa bumbunay meresap, pasangan yang pas dengan gudeg untuk lauk makan malam.

Menikmati

Kenikmatan menikmati gudeg ayam ditambah dengan iringan pengamen jalanan yang lagu-lagu dengan suara yang merdu. Klop sekali, menikmati gudeg di malam minggu diiringi musik, sangat nikmat sekali, suasana khas Jogja.

Setelah selesai makan saya membayar. Untuk 7 porsi gudeg dan minuman yang kami nikmati mala mini, saya hanya perlu membayar 88 ribu rupiah. Harga yang menurut saya terlal murah untuk gudeg ayam yang kami nikmati.

Menurut saya, gudeg Permata Bu Pujo wajib dikunjungi oleh pecinta gudeg atau wisatawan yang singgah di Jogja, karena:
1. Cita rasa gudeg, sambal krecek dan ayamnya enak sekali
2. Gudeg Permata sudah mempunyai sejarah yang panjang melayani penggemar gudeg di Jogja dengan menyajikan gudeg basahdengan areh yang banyak dan sambal krecek yang pedas.
3. Gudeg Permata terletakdi tengah kota, sehingga mudah dijangkau
4. Harga gudegnya affordable, cenderung murah disbanding gudeg-gudeg papan atas yang lain.
5. Memiliki pelanggan setia dari berbagai kalangan yang rela mengantri untuk menikmati gudeg.

Jam 21.45 kami pulang kembali ke rumah Turi,dengan pengalaman yang mengesankan menikmati Gudeg Permata. Mudah-mudahan suatu saat bisa kembali menikmati Gudeg Permata.

Referensi Lain tentang Gudeg Permata:
1. Gudeg Sepanjang 24 Jam

Advertisements

13 Responses to “Lesehan di Gudeg Permata Bu Pujo”

  1. usaha warnet Says:

    lhaa…tidak jauh dari rumahku tho..kok nggak tau ya…jarang keluar malam jd kuper…hehehe

  2. trie Says:

    wah jadi kangen jogja iki..kapan nak pulang jogja aku mampir ng kunu..uwis sui ga maem gudeg je.. 😀

  3. Adriana Says:

    wah mantap….
    minggu lalu ke Jogja, tempat ini terlewati, sayang ya…
    thx infonya.

  4. Tienne Says:

    Oh ini tho….gudeg permata yg terkenal itu…maklum Mas Tama….tiap kali suami pulang ke Indo (kami sekarang tinggal di US)…pasti disempat2in mampir di sini. Selama ini cuman dengar dari suami betapa enaknya gudeg permata….ya Insya Allah deh…kalau tahun depan saya pulang….gantian saya yg mampir…Nuwun ya Mas Tama info-nya…..tulisan Mas Tama enak untuk dibaca…teruskan Mas wisata kulinernya..

    • sulastama Says:

      Sama-sama mBak..
      terima kasih juga sudah berkenan berkunjung di blog saya dan meninggalakan pesan.
      Kapan kondur ke Jogja? kayaknya Jogja memang enak buat makan-makan.. 🙂

  5. koko wok wok Says:

    silahkan datang ke gudeg permata. kami permatakustik siap menghibur anda dengan lagu2 komplit. bisa request. hhe…

  6. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] Menikmati Makan Siang di Gudeg Yogya Yu Djum, Gudeg Yogya Yu Djum, Jln Wijilan no 31, Yogyakarta 3. Lesehan di Gudeg Permata Bu Pujo, Gudeg Permata Bu Pujo,Jln Gadjah Mada, barat Bioskop […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: