Sambal Belut Pak Sabar Bantul


Sambal Belut Pak Sabar Bantul

RM Sambel Welut Pak Sabar,
Jln Imogiri Barat km 6, Dokaran, Tamanan,
Banguntapan, Bantul, telp 08282753770

Rabu, 15 september 2010, saya bersama dengan Tami, Mas Eka, mBak Ungah, Imam,  Bapak dan Afa makan malam di Warung Sambal Belut Pak Sabar. Kami mampir ke warung itu setelah pulang dari ujung di rumah Pak Dhe Zam di Suryowijayan.

Warung sambal belut Pak Sabar adalah warung makan yang menyajikan menu ikan air tawar [belut, kutuk dan lele lokal] goreng dengan menu spesial sambal belut tanpa duri yang didirikan oleh Pak Sabar pada tahun 1993.

Warung makan ini terletak di Dokaran, Tamanan, Banguntapan  Bantul. Dari kota Yogya jaraknya sekitar 6 km. Arahnya dari Jln Sisingamangaraja/ jln Imogiri Barat ke selatan sampai bertemu dengan ringroad selatan, masih ke selatan lagi sekitar 1,5 km sampai melewati  dusun Ngoto [Jln Imogiri barat km 6]  kemudian belok ke Timur/ kiri sampai ketemu papan nama Pak Sabar.

Belut

Menu yang tersedia di sini yaitu sambal belut, belut goreng, kutuk [gabus] goreng dan lele lokal goreng. Pak Sabar mulai berjualan pada tahun 1993 dengan angkringan di tepi jalan, sambal belut dibungkusi seperti nasi kucing pada umumnya. Namun cara ini hanya bertahan seminggu, kemudian berjualan dengan piring dan sambal di masak sekaligus kemudian ditaruh di panci, ketika ada pembeli tinggal mengambil.

Selengkapnya silahkan baca di ….. 

Semenjak tahun 2003, Pak Sabar berjualan di rumahnya yang terletak 50 m dari jalan. Dan semenjak tahun 2006 menjual sambal belut yang sudah dihilangkan durinya dan sambalnya dimasak ndadak [segera] setelah ada pesanan. Semenjak tahun 2006 ini pulalah warung Pak Sabar mulai naik daun, masuk ke berbagai media cetak dan elektronik, semakin terkenal, sehingga pelanggannya semakin banyak

Saya sampai di rumah Pak Sabar yang sekaligus warungnya jam 9 malam, sudah agak larut untuk makan malam. Ada bebera pembeli lain yang sudah datangdan menikmati makan malam, beruntung masih ada satu meja tersisa untuk kami bertujuh. Kami segera duduk dan memesan makan malam berupa 6 porsi nasi, 5 porsi sambal belut [4 sangat pedas dan 1 sedang pedasnya], 3 porsi belut goreng dan minuman.  Saya memesan susu jahe untuk minumanku, Mas Eka memesan teh jahe, Tami dan Bapak memesan jahe panas, Imam memesan teh manis sedangkan mBak Ungah memesan jeruk tawar.

Begitu menerima pesanan, Bu Sri Umidah [Bu Sabar] segere mbetheti [membersihkan] belut.

Menggoreng Belut

Setelah dibersihkan dan dibumbui belut kemudia digoreng. Belut goreng dihidangkan panas-panas setelah digoreng, sementara belut yang digunakan untuk sambal dihilangkan durinya dulu sebelum ditumbuk didalam lumpang.

Bu Sabar Menguleg Sambel

Dulu, menurut penuturan Bu Sabar, sambal belut diuleg di dalam cobek, dan sekarang diganti dengan ditumbuk di dalam lumpang karena jumlahnya banyak. Dalam sehari, warung ini menghabiskan 10 kg belut mentah yang didatangkan dari Klaten dan Kulonprogo untuk diolah menjadi sambal belut dan belut goreng.

Lauk Terhidang di Meja

Setelah sambal belut dan belut goreng matang, kemudian dihidangkan di atas meja dari bambu wulung. Selain nasi, sambal belut ditemani lalapan berupa daun ketela rebus, kemangi dan irisan timun.

Sambal Belut

Seporsi sambal belut, dibuat dari satu ons [100 gr] belut mentah yang dihilangkan durinya dan digoreng, kemudian disambal dengan bumbu [mentah] kencur, cabai hijau, daun jeruk, bawang putih dan garam. Penggunaan bumbu mentah ini membuat sambalnya lebih segar, namun kalau kita tidak suka dengan sambal mentah bisa minta cabainya di goreng. Harga seporsi sambal belut RP. 5.000,00.

Belut Goreng

Seporsi belut goreng juga terbuat dari 100 gr belum mentah yang dibetheti [dibersihkan] dan dibumbui kemudian digoreng. Biasanya belut digoreng tidak sampai terlalu kering sehingga terasa gurih. Harga seporsi belut goreng juga Rp. 5.000,00

Menu Makan Malamku

Saya kemudian mengambil sepiring nasi dengan lauk sambal pedas, belut goreng dan lalapan daun ketela serta kemangi. Kami kemudian menikmati makan malam kami masing-masing.

Tami Menikmati

Hawa dingin dan rasa lapar serta suasana yang nyaman membuat kami lahap menikmati makan malam dengan menu spesial ini.

Menikmati

Ketika sedang menikmati makan malam, tiba-tiba Bu Sabar memberitahu kalau Pak Sabar pulang dari pertemuan dusun, dan saya pun kemudian mengajak Pak Sabar foto bersama.

Bersama Pak Sabar

Kemudian saya kembali meneruskan  makan sampai selesai. Menurut saya nasinya empuk, pulen dan porsinya banyak, cocok di lidah saya apalagi dihidangkan panas-panas. Sambal belutnya pedas, rasa kencurnya dominan, rasa pedasnya tidak bertahan lama di mulut, mungkin karena menggunakan cabai mentah. Belut gorengnya besar,digorengtidak kering,  gurih, empuk, bumbunya terasa, enak. Daun kemangi dan daun ketela rebusnya segar. Secara keseluruhan saya sangat  puas dengan makan malam di sini.

Setelah selesai makan, mBak Ungah membayar makan malam kami semua. Untuk makan malam berenam dengan 6 nasi, 5 sambal belut, 3 porsi belu goreng beserta minuman kami menghabiskan Rp. 88.000,00 untuk membayarnya, harga yang sangat murah untuk makan malam yang istimewa dengan menu spesial.

Nampang di depan Warung

Jam 22.15 kami pulang kembali ke Turi. Sebelum pulang, Afa, Bapak, Tami dan mBak Ungah sempat berfoto-foto di depan warung Pak Sabar.

Menurut saya, warung makan ini layak dikunjungi oleh pecinta kuliner terutama yang menyukai masakan belut dan ikan air tawar, karena:
1. Menyediakan menu istimewa berupa sambal belut dan belut goreng dengan citarasa yang lezat.
2. Pelayananannya cepat dan ramah, saya beberapa kali telpon untuk menanyakan lokasinya dan selalu dijawab dengan ramah.
3. Harganya relatif murah dibandingkan dengan makanan sejenis di tempat lain.
4. Suasananya nyaman dengan nuansa pedesaan. [kom10]

Daftar Harga:
1. Sambel belut : Rp. 5.000,00/ porsi [1 ons]
2. Belut Goreng: Rp. 5.000,00/ porsi [1 ons]
3. Kutuk/ Lele [lokal] Goreng: Rp 40.000,00/kg

Referensi Lain Sambal Belut Pak Sabar:
1. Unagi dan Sambal Belut
2. Belut Sawah di Warung Pak Sabar
3. Sambal Welut Pak Sabar: Sensasi Daging Belut Tanpa Duri

Advertisements

6 Responses to “Sambal Belut Pak Sabar Bantul”

  1. SOBOnDESO Says:

    mantebs tenan mas sambel welute, wingi bar mampir

  2. Mr. JLAMBRONG Says:

    siiibbb… Mantaff tenan… Tingkyu infonya ndan… Tadi saya abis dari sana, malah kaca mata saya ketinggalan…
    Tapi memang mak nyuss tenan sambel welut + teh gula batu nya… ^^

    RECOMENDED

  3. Daftar Kuliner Jogja « Wisata Kuliner Online Says:

    […] SAMBAL: 1. Waroeng Spesial Sambal – Jogja, 2. Aneka Sambal di Warung SS Bulaksumur 3. Sambal Belut Pak Sabar Bantul, RM Sambel Welut Pak Sabar, Jln Imogiri Barat km 6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul, telp […]

  4. alma Says:

    weleh… jan…. dimana-mana ketemunya si komo…
    dapat link sambel belut di FB dari FB Harry Van Yogya (tukang becak gaul)… ku klik… gak lihat kanan kiri, langsung skimming lihat foto sambil baca uraian dg cepat… lalu lihat ada foto anak kecil… kok wis tau ngerti…. ingat2 spt wajahnya afa…. terus ke bawah… whe… lha.. jebul pancen sing nulis bapakne afa…..
    internet ternyata hanya selebar daun kelor…. zizizizi

    btw, akun FB yang merefer web ini adalah seorang tukang becak plus plus plus…. dalam arti yang sangat positif. lulusan de britto nek ra kleru angkatan mas agus…. mbecak, antar turis, belajar bahasa asing, promo becaknya melalui akun FB, kehilangan istri akibat gempa, momong anak sendiri, bikin buku, memberdayakan para tukang becak, dll
    http://www.tribunnews.com/2011/05/27/fenomena-harry-van-yogya

  5. Cahyo Mangku Wanito Says:

    hemmm….perlu di cobi niki…pengen yang pedas menggila….apalagi sambal belut..nyamnyamnyam…

  6. san Says:

    Tadi siang barusan nyicip sambal welut pak sabar…..begitu sambal welut dihidangkan anak pak sabar…..jadi ingat sama makanan khas tapanuli selatan: sambal tuk-tuk……cuma beda di racikan bumbunya saja…. 😀
    Tadi habisin sepiring nasi, lalapan, sepiring sambal welut, sepiring welut goreng, sepiring gabus goreng, segelas teh manis panas, segelas teh tawar panas, 2kerupuk dan 1peyek……42ribu 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: